Pertimbangan Sebelum Menyewa Apartemen Pertama Kali

Cara menyewa apartemenMenyewa apartemen sangat berbeda dengan menyewa rumah karena aturan yang diterapkan berbeda. Aturan yang dimaksud adalah kelengkapan dokumen hunian juga kewajiban dan hak penyewa apartemen. Pada apartemen, hak milik serta hak guna seakan menjadi dua sisi yang berbeda. Sederhananya, ketika menyewa apartemen maka hak guna biasanya akan diserahkan oleh pemilik kepada penyewa dan tentunya harus sesuai pengetahuan oleh pihak pengelola apartemen.

Menyewa apartemen menawarkan fasilitas yang nyaman dan lengkap. Sehingga menjadi wajar apabila harga sewa yang ditetapkan juga tidak murah. Belum lagi ditambah dengan berbagai biaya lain seperti listrik, air, telepon, internet, kebersihan, dan berbagai biaya lain. Hendaknya, cobalah menanyakan semua hal tersebut kepada pemilik apartemen ketika negoisasi awal dilakukan. Juga, cobalah bersikap kritis tentang hal yang tidak diketahui, hal ini akan memperjelas tentang segala aturan.

Pertimbangan sebelum menyewa apartemen pertama kali

  1. Anggaran sewa

Ketika ingin meyewa apartemen, pertimbangan utama tentu berkaitan dengan anggaran sewa. Pertimbangan ini akan mempengaruhi jenis apartemen yang bisa didapatkan dan berbagai fasilitas yang disediakan. Selain anggaran sewa, tingkat pendapatan perbulan juga harus dihitung supaya tidak ada kendala keuangan pada bulan berikutnya.

  1. Tingkat pengaruh pendapatan

Pendapatan jelas akan memberikan pengaruh pada tingkat uang jaminan yang dibebankan. Uang jaminan ini digunakan sebagai langkah antisipasi jika terjadi kerusakan pada apartemen. Besaran uang jaminan biasanya ditentukan ketika awal negoisasi. Paling tidak uang jaminan juga harus dianggarkan dari pendapatan sekitar 25%-30% dan jangan sampai melebihi batas.

  1. Biaya tambahan

Pada apartemen, berbagai fasilitas biasanya sudah diterapkan sehingga secara tidak langsung biaya perawatan akan membengkak. Selain uang jaminan, beragam biaya perawatan lain biasanya dibebankan pada pihak penyewa apartemen oleh pemilik. Beberapa biaya tambahan yang sering dikenakan adalah keamanan, kebersihan, listrik, air, dan masih banyak lainnya.

  1. Akses dan jarak

Ketika ingin menyewa apartemen, akses dan jarak juga harus dipertimbangkan. Misalnya, berapa jarak apartemen ke tempat kerja, atau berapa jarak apartemen ke rumah sakit. Semua hal tersebut harus diperhitungkan pada awal pencarian. Akses juga penting dalam memilih apartemen. Misalnya akses jalan ke bandara, akses ke rumah sakit, dan akses lain.

  1. Isi surat perjanjian

Setelah menemukan apartemen dan dirasa sudah sesuai dengan kriteria, langkah selanjutnya adalah membahas tentang perjanjian sewa-menyewa. Pihak pemilik biasanya akan memberikan kelengkapan dokumen hunian yang bisa dipelajari terlebih dulu. Usahakan lebih cermat dalam membaca surat tersebut dan jangan segan untuk bertanya jika dirasa membingungkan.

Selain beberapa hal tersebut, mental dan keberanian juga diperlukan dalam proses ini. Beranikanlah untuk bertanya tentang hal detil sekalipun. Tanyakan juga tentang model pembayaran sewa, apakah perbulan atau pertahun. Selain dari unit apartemen dan administrasinya, kondisi lingkungan sekitar apartemen juga harus diketahui. Tanyakan hal ini agar mendapat gambaran jelas tentang apartemen yang akan ditinggali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *