Kiat Menata Saluran Pipa Air di Rumah

Menata pipa air pada rumahAir merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi sifatnya. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut, berbagai cara dilakukan termasuk dengan mengalirkan air dalam rumah. Untuk mengalirkan air dalam rumah tentunya diperlukan peralatan khusus, diantaranya dengan pipa air. Pipa berfungsi untuk menyalurkan air baik secara langsung dari sumber ke pemakai, atau secara tidak langsung melalui sumber kemudian ditampung baru digunakan. Begitu banyak fungsi yang didapat dari pipa dalam menyalurkan air. Kiat menata saluran pipa air dengan baik harus dilakukan sebelum mulai investasi rumah, karena secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas rumah tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyalurkan air ke semua bagian rumah, saluran pipa harus ditata sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Menyalurkan pipa ke bagian lain rumah tentu tidak mudah karena akan selalu berkaitan dengan desain kontruksi rumah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pemasangan saluran air dilakukan saat proses pembangunan rumah. Penerapan sistem saluran pipa air dalam rumah harus direncanakan dengan matang agar tidak membongkar dikemudian hari.

Berikut kiat menata saluran pipa air di rumah:

  • Lokasi aman

Sudah banyak kejadian bahwa saluran air bocor karena proses penggalian. Untuk menghindari kejadian tersebut, alangkah lebih baik jika lokasi penerapan pipa sudah direncanakan dengan seksama. Rencanakan dengan pasti di mana saluran pipa akan diletakkan. Usahakan lokasi pipa benar-benar aman dari gangguan apapun. Berilah tanda pada lokasi pipa jika diperlukan.

  • Perekatan maksimal

Masalah lain yang dapat mengakibatkan pipa bocor yaitu perekatan yang kurang maksimal. Hendaknya, setelah kering pipa dicoba terlebih dahulu sebelum dipendam.Perekatan yang tidak maksimal bisa diakibatkan oleh beberapa hal, misalnya perekatan yang tidak benar, lem yang digunakan tidak seharusnya, atau teknik tukang tersebut kurang kompeten.

  • Pembagian pipa

Setiap ukuran pipa pasti mempunyai kekuatan dan daya tahan tersendiri dalam mengalirkan air. Kualitas pipa juga akan sangat berpengaruh terhadap daya tahan pipa itu sendiri. Untuk pipa yang akan dipasang luar ruangan, terutama jika untuk dipendam, maka usahakan pipa tersebut mempunyai ketebalan cukup dan tahan hantaman. Untuk dalam rumah, pipa biasa sudah cukup.

  • Sistem distribusi

Agar air mengalir secara maksimal ke semua saluran, pola distribusi air harus seimbang. Ada banyak kejadian ketika semburan air tiba-tiba mengecil karena ada kran lain yang dinyalakan. Kejadian seperti ini biasanya diakibatkan oleh sistem distribusi air yang tidak merata. Aturlah sedemikian rupa dan selalu jaga sirkulasi saluran air agar pengairan tetap berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *