Beberapa Jenis Pagar Untuk Rumah Tropis

Beberapa Jenis Pagar Untuk Rumah TropisKeberadaan pagar rumah dapat menjadi nilai tambah tersendiri. Secara estetis, pagar dibuat untuk memperindah tampilan rumah. Tidak hanya sebatas untuk menambah cantik tampilan rumah, pagar ternyata mempunyai banyak manfaat lain bagi rumah. Namun sebelum membuat pagar, akan lebih baik jika pagar dibuat sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis pagar untuk rumah tropis yang dibuat.

Membuat pagar untuk rumah tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya, perencanaan yang baik akan mengurangi kesalahan dalam membuat pagar rumah. Setiap jenis pagar pastinya membutuhkan bahan yang tidak sama. Akan lebih baik jika hal seperti ini dipikirkan dengan matang sebelum membeli bahan yang diperlukan. Perhatikan juga dengan lingkungan sekitar, apakah model pagar yang dipilih sesuai dengan kebiasaan masyarakat sekitar.

Beberapa jenis pagar untuk rumah tropis

Membuat pagar tidak harus dengan besi atau semen. Pagar rumah hendaknya disesuaikan dengan konsep rumah tersebut agar terjadi keserasian. Kadang memilih pagar yang sesuai dengan rumah juga menyulitkan, terlebih jika tidak mempunyai referensi tentang jenis pagar. Jika perlu, mintalah pertimbangan kepada anggota keluarga yang lain. Agar tidak salah buat, berikut jenis pagar sesuai fungsinya.

  • Penghalang

Rumah pada kota-kota besar biasanya sangat tinggi dan tertutup rapat. Model seperti ini dimaksudkan sebagai penghalang, baik itu polusi maupun pandangan. Untuk membuat pagar jenis ini harus dipertimbangkan dengan matang. Sebagai contoh, pagar yang dibuat sebagai penghalang pandangan, maka dibuat serapat mungkin dengan tidak ada lubang apapun. Selain sebagai penghalang pandangan, model seperti ini dapat mengurangi polusi suara.

  • Pembatas

Bagi orang yang memelihara hewan apapun, rumah sebaiknya dibuatkan pagar agar hewan peliharaan tidak lepas. Pagar yang difungsikan untuk pembatas hewan tidak harus tinggi besar dan tebal. Pagar pembatas bisa dibuat dengan bahan besi atau tembok dengan lubang. Yang pasti, pagar jenis ini harus dibuat setinggi mungkin minimal tiga meter. Hal ini diperlukan agar hewan peliharaan tidak kabur melompati pagar.

  • Keamanan

Pagar yang dibuat sebagai pengaman rumah pastinya lebih kompleks. Hal ini diperlukan untuk melindungi rumah agar tetap aman. Pagar pengaman harus memiliki kriteria kuat, kokoh, tebal dan tinggi. Meskipun demikian, semua kriteria tersebut tidak harus ada dalam pagar pengaman. Yang pasti pagar tersebut dapat mengamankan rumah dari kemungkinan dibobol. Pagar bisa dibuat tipis namun tinggi, bisa juga pendek namun diberi ranjau bagian atasnya.

  • Hiasan

Jika ingin membuat pagar dengan maksud sebagai hiasan rumah, tidak ada kriteria khusus untuk membuatnya. Bentuk dan desain sepenuhnya tergantung pada penghuni rumah tersebut. Bisa saja pagar dibuat hanya dari tanaman hias yang berjejer. Pagar seperti ini lebih kepada bentuk kreasi penghuni rumah. Bahan yang digunakan bisa apapun, mulai dari bambu, besi, tanaman dan lain sebagainya. Yang pasti, beberapa jenis pagar untuk rumah tropis sangat bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *