Tips Agar Westafel Rumah Tidak Mampet

Tips Agar Westafel Rumah Tidak MampetKeberadaan westafel dalam rumah secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan penghuni rumah. Terlebih jika westafel yang dipunyai berbentuk merarik dan unik. Pastinya penghuni rumah akan lebih rajin untuk membersihkan tangan. Masalahnya, tidak semua orang dapat membersihkan westafel rumah dengan baik sehingga menjadi lebih mudah kotor dan akhirnya mampet. Untungnya, ada tips agar westafel rumah tidak mampet.

Menjaga westafel rumah agar tidak mampet kadang terasa susah. Kenyatannya, hal seperti ini mudah dilakukan oleh penghuni keluarga. Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah westafel mampet yaitu dengan menjaga kebersihannya. Namun sekali lagi, tidak semua penghuni rumah mampu melakukan hal ini dan menyadarinya. Cara lain, luangkanlah waktu paling tidak sekali dalam seminggu untuk membersihkan secara keseluruhan westafel.

Tips Agar Westafel Rumah Tidak Mampet

Westafel mampet pastinya akan mengganggu kegiatan dalam rumah. Terlebih jika westafel tersebut berada pada ruang dapur. Dapat dipastikan kegiatan masak memasak akan terganggu. Masalahnya, kebanyakan kasus westafel mampet paling sering terjadi pada area dapur. Hal ini dikarenakan sisa kotoran yang ikut masuk ke dalam lubang saluran westafel. Untuk mencegah hal ini, berikut cara agar westafel rumah tidak mampet.

  • Kualitas westafel

Dengan menggunakan westafel yang berkualitas, secara tidak langsung juga akan menjaga umur pakai dari westafel tersebut. Bahan murahan tentunya tidak mempunyai keunggulan tertentu. Westafel dengan bahan berkualitas dapat dilihat dari bahannya yang tidak mudah ditempeli oleh endapan kotoran. Westafel berkualitas baik akan menjaga dari kemungkinan bocor dan cepat rusak.

  • Tingkat kemiringan

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tingkat kemiringan pada saluran pembuangan westafel juga akan berpengaruh pada mampernya westafel dalam rumah. Pipa westafel yang terlalu landai pastinya akan mempersulit air untuk mengalir. Pipa yang landai bahkan dapat memicu terjadinya endapan kotoran. Tips agar westafel rumah tidak mampet yaitu dengan mengatur tingkat kemiringan pipa sebanyak dua derajat.

  • Penyaring kotoran

Sebagian orang masih melupakan pentingnya memasang penyaring kotoran pada tiap westafel. Penyaring kotoran dapat menjadi langkah pertama dalam mencegah westafel mampet. Meskipun demikian, tidak semua penyaring kotoran bawaan dapat secara efektif membantu mencegah westafel mampet. Hal ini dikarenakan lubang penyaring kotoran yang dianggap masih terlalu besar. Tambahkanlah saringan dengan lubang kecil.

  • Berikan perawatan

Tidak hanya dengan menjaga dari kotoran yang mungkin masuk, westafel juga perlu diberikan perawatan agar tidak mampet. Diantara perawatan yang paling mudah dilakukan yaitu dengan menyiramkan air panas pada westafel. Akan lebih baik jika air panas didiamkan dulu untuk beberapa saat pada westafel. Air panas akan berguna untuk meluruhkan kotoran yang menempel pada permukaan westafel.

  • Segera ganti

Selain karena kotoran yang mengendap, westafel yang mampet bisa jadi disebabkan oleh komponen yang rusak. Paling umum, pipa pembuangan pada bagian westafel lebih sering terkena. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya pipa jangan diperbaiki karena dapat rusak lagi sewaktu-waktu. Tips agar westafel rumah tidak mampet yaitu dengan mengganti model baru dengan bahan yang lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *