Cara Membuat Septic Tank Rumah yang Benar

Cara Membuat Septic Tank Rumah yang BenarSebagai tempat pembuangan akhir dalam rumah, pembuatan septic tank harus dilakukan secara tepat. Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar tentang resiko yang ditimbulkan akibat proses pembuatan septic tank rumah yang tidak tepat sehingga septic tank cepat penuh. Cara membuat septic tank rumah yang benar tentunya harus melalui beberapa pertimbangan dulu. Hal ini diperlukan guna mencegah kemungkinan tidak baik yang bisa ditimbulkan oleh septic tank.

Pembuatan septic tank yang salah dapat menimbulkan berbagai dampak pada penghuni rumah. Diantara gangguan umum dari septic tank adalah bau menyengat dan air menjadi keruh. Masalah seperti ini bisa dikarenaka oleh berbagai sebab, salah satunya adalah penempatan septic tank yang salah. Karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat septic tank rumah.

Cara Membuat Septic Tank Rumah yang Benar

Septic tank yang ideal harus memenuhi beberapa kondisi, misalnya jarak dengan sumber air atau jarak dengan penghuni rumah. Selain itu, masih ada beberapa pertimbangan lagi yang harus diambil terkait dengan pembuatan septic tank. Bahan atau material yang digunakan dalam membuat septic tank juga akan sangat berpengaruh pada keberadaan septic tank itu sendiri. Semua hal tersebut diperlukan agar septic tank dapat berperan sempurna dalam menguraikan kotoran.

  • Jarak sumber air

Seperti sudah disinggung di atas, untuk membuat septic tank yang ideal yaitu dengan memberi jarak pada sumber air. Secara umum, jarak minimal septic tank dari sumber air yaitu 15 meter. Jarak ini diperlukan agar resapan pada septic tank tidak mengganggu sumber air. Masalah yang sering timbul dari jarak yang kurang memadai yaitu berubahnya kualitas air. Terkadang air menjadi bau dan berubah warna.

  • Penempatan

Jika kondisi luas rumah tidak memungkinkan untuk memberi jarak sekitar 15 meter, ada satu solusi yang dapat digunakan. Cara membuat septic tank rumah yang benar yaitu usahakan penempatan septic tank lebih rendah dari sumber air pada rumah. Dengan demikian, kotoran dari septic tank tidak akan meresap ke dalam sumber air. Jika tidak memungkinkan, gunakan septic tank buatan pabrik yang berbahan campuran fiber dan semen.

  • Saluran pembuangan

Kesalahan paling umum dalam memasang saluran pembuangan septic tank yaitu tidak menggunakan teknik instalasi yang benar. Sudah banyak kejadian saluran pembuangan bocor akibat proses pemasangan yang salah. Hendaknya, sebelum memasang pipa saluran pembuangan, pada bagian bawah galian harus diberi pasir sebagai lapisan penyangga. Selain berguna sebagai peredam benturan, pasir juga mejadi media serap yang cepat.

  • Material

Septic tank tradisional biasanya terbuat dari bahan semen dan buatan sendiri. Bentuknya juga lebih terlihat seperti kolam namun tidak beralas pada bagian bawahnya. Material lain yang juga biasa digunakan yaitu suling berbentuk bulat terbuat dari campuran semen dan pasir. Sayangnya juga tidak menggunakan lapisan di bagian bawah. Padahal lapisan bawah berfungsi untuk mencegah kotoran meresap ke dalam tanah. Dengan menerapkan cara membuat septic tank rumah yang benar, niscaya masalah septic tank dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *