Supaya Furniture Rumah Awet dan Tahan Lama

Supaya Furniture Rumah Awet dan Tahan LamaKehadiran furniture dalam rumah pastinya dapat meningkatkan nilai artistik dari rumah itu sendiri. Selain dari segi artistik, furniture juga membantu dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Sebagai contoh, lemari kabinet akan membuat rumah terlihar rapi. Begitu juga jarak dinding dapur untuk menyimpan perlengkapan masak dan peralatan dapur rumah tetap awet. Agar fungsinya tetap terjaga, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan supaya furniture rumah awet dan tahan lama.

Merawat furniture sebenarnya termasuk hal mudah meskipun tidak semua orang mau melakukannya. Perawatan yang diperlukan juga tidak memakan waktu dan tidak harus dilakukan setiap waktu. Dengan perawatan yang tepat, beragam furniture dalam rumah akan tetap terjaga keawetannya. Permasalahan yang sering menimpa terhadap furniture rumah yaitu timbulnya jamur. Jika tidak teratasi dengan segera, jamur bisa membuat furniture menjadi rapuh dan berlubang.

Tips supaya furniture rumah awet dan tahan lama

Kehilangan furniture dapat menurunkan produktifas penghuni rumah, terlebih jika furniture tersebut mempunyai peran vital. Contoh yang mudah, seorang anak yang kehilangan meja belajarnya karena pastinya akan menangis dan tidak mau belajar jika tidak diganti dengn furniture baru. Keadaan ini tentu saja membuat orang tua menjadi terganggu aktifitasnya. Oleh karena itu, perawatan dan pencegahan harus dilakukan agar hal demikian tidak terjadi.

  • Lokasi kering

Dalam menempatkan furniture dalam rumah, hendaknya diperhatikan pemilihan lokasi tersebut. Tidak masalah jika furniture tersebut diletakkan pada lokasi yang sekiranya dapat terlihat orang dengan mudah. Namun harus diperhatikan bahwa lokasi yang dipilih benar-benar kering dan tidak lembab. Seperti yang sudah diketahui, kelembaban merupakan pemicu jamur berkembang. Jika tidak ingin furniture jamuran, sebaiknya pilih lokasi kering.

  • Alas kaki

Furniture yang berharga mahal biasanya dilengkapi dengan alas kaki. Hal ini bukan semata-mata untuk keperluan tampilan, tapi juga memberi fungsi perlindungan. Tanpa disadari, furniture sebenarnya dapat menyerap suhu dari alas rumah melalui kakinya. Suhu yang sudah diserap akan terakumulasi sehingga membuat kaki furniture menjadi lapuk. Maka jangan heran jika sering menemukan furniture meja dengan kaki panjang sebelah.

  • Segera keringkan

Ada kalanya furniture tiba-tiba basah terkena air tanpa kita sadari. Jika masalah ini sampai terjadi, segera keringkan agar air tidak meresap ke dalam furniture. Air yang sudah meresap pada awalnya akan membuat lapuk furniture kemudian mengelupas. Untuk mencegah hal ini, gunakan hair dyer. Atur panasnya secara perlahan lalu tingkatkan menjadi lebih panas. Penjemuran hanya akan mengakibatkan furniture mengeluarkan benjolan.

  • Pencahayaan

Dalam ruangan yang terlalu panas, furniture akan menjadi cepat rapuh. Jika bahan furniture tersebut bagus, biasanya hanya warnanya yang berubah menjadi pucat. Warna kusam akan timbul akibat panas yang mengenai furniture. Sebaiknya, atur tingkat pencahayaan supaya furniture tidak akan terpengaruh. Baik itu cahaya alami maupun buatan, keduanya tetap akan berpengaruh pada pudarnya kualitas warna furniture.

  • Jangan dipindah

Furniture tidak dirancang untuk dipindah-pindahkan, kecuali furniture khusus yang memiliki roda pada bagian bawah. Semakin sering memindahkan furniture, maka struktur furniture akan menjadi renggang. Selain merenggang, tekstur permukaan juga akan terganggu. Supaya furniture rumah awet dan tahan lama, sebaiknya kurangi frekuensi memindah furniture. Namun jika ingin merubah tata ruang, baiknya pilih furniture yang fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *