Menyiapkan Ruang Makan Untuk Lebaran

Menyiapkan ruang makanPada saat lebaran tiba, penghuni rumah minimalis selalu merasa bahwa ruangan yang dipunyai selalu terlihat sempit. Keadaan seperti ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan penataan ruangan yang sesuai. Tentu saja, penggunaan furniture juga harus menyesuaikan agar telihat serasi. Ruang makan kerap kali menjadi tempat berkumpulnya keluarga. Bagi keluarga besar, ruang makan yang sempit akan memberikan kesulitan tersendiri terutama ketika semua anggota keluarga sedang berkumpul.

Selain ruang tamu dan ruang keluarga, ruang makan biasanya menjadi salah satu tempat untuk keluarga besar berkumpul. Karenanya, diperlukan sedikit sentuhan untuk mengubah ruang makan menjadi layak sebagai tempat keluarga berkumpul. Menata ruang makan tidak sesulit yang dibayangkan, hanya memang perlu ide-ide kreatif yang dapat menjadikan ruang makan menjadi lebih nyaman dan fungsional.

Dalam menata ruang makan disaat berpuasa harus menimbang faktor kesulitan-kesulitan yang akan timbul agar tidak sampai mengganggu ibadah puasa. Menyiapkan ruang dapur dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana seperti mengatur furniture, mempercantik meja makan, menyesuaikan pencahayaan, atau bisa juga dengan menghias dinding. Kegiatan tersebut tentu tidak akan mengganggu puasa karena sangat mudah dilakukan.

Mengatur tata letak furniture

Manfaat dari mengatur kembali letak furniture adalah untuk menciptakan kondisi agar leluasa ketika begerak. Mengatur furniture juga akan memberikan efek alur ruangan agar rumah lebih efisien. Ruang makan biasanya berbentuk bundar atau linear, yang artinya tetap terpusat dan saling berhadap-hadapan. Posisi tempat duduk harus berderet dan menghadap ke arah pusat. Supaya mudah bergerak dalam menyiapkan aneka hidangan lebaran, buatlah meja makan sedekat mungkin dengan kitchen set.

Mempercantik meja makan

Membuat meja makan agar terlihat cantik tidak perlu dengan mengganti furniture secara keseluruhan. Sentuhan kecil sudah cukup membuat meja makan kembali terlihat seperti baru. Beberapa sentuhan yang bisa diberikan yaitu dengan mengganti taplak meja dengan model tertentu agar menghasilkan efek berbeda. Selain merubah taplak meja, mengganti bantalan tempat duduk kursi juga bisa memberikan efek baru pada tatanan meja makan secara keseluruhan.

Sesuaikan dengan pencahayaan

Cahaya yang masuk pada ruang makan akan memberikan efek tertentu pada kondisi ruangan. Cahaya yang sesuai akan memberikan efek ruangan terlihat lebih luas, sebaliknya pencahayaan yang terlalu sedikit akan memberikan efek ruangan seakan menjadi sempit. Pencahayaan yang tidak maksimal juga akan mengakibatkan rasa kurang nyaman ketika sedang berada dalam ruang makan. Gunakan lampu yang sesuai dengan keadaan ruangan, jangan terlalu terang atau redup.

Memberikan hiasan pada dinding

Pada rumah tipe minimalis, memberikan hiasan pada dinding sebisa mungkin jangan terlalu banyak karena justru dapat memberikan efek ruangan menjadi sempit. Gunakan hiasan dinding yang bersifat sederhana seperti aksesori, lukisan atau yang lain. Jika dirasa sulit menemukan hiasan sederhana, mengecat dinding bisa menjadi salah satu alternatif solusi. Pilih warna cat cerah seperti putih, orange, kuning, atau sesuai dengan kondisi furniture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *