Tips Dekorasi Rumah Untuk Pemula

Kiat dekorasi untuk pemulaBagi seorang pemula, mendekorasi rumah merupakan sebuah hal canggung untuk dilakukan karena beberapa alasan. Para pemula kadang merasa kesulitan untuk menentukan dekorasi apa yang sesuai dengan keadaan rumahnya. Selain ketidak-tahuan tentang jenis dekorasi, mereka juga kerap kesulitan mengenai jenis material apa yang cocok digunakan. Karenanya, bagi pemula disarankan hanya untuk sekedar mendekorasi bukan merekontruksi rumah, misalnya mendekorasi anak tangga rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemula adalah menentukan tema dekorasi dengan melihat struktur bangunan rumahnya. Cobalah untuk melihat setiap bagian rumah dan pikirkan kira-kira dekorasi apa yang tepat untuk ruangan tersebut. Padu padankan semua perencanaan tiap ruangan satu terhadap ruangan lain supaya tercipta keserasian. Kemudian tentukan jenis furniture apa yang sekiranya tepat untuk diletakkan pada ruangan tersebut. Inilah tips dekorasi rumah untuk pemula.

  • Perhatikan kebutuhan penghuni lain

Langkah pertama dalam mendekorasi rumah adalah dengan memperhatikan kebutuhan ruangan tiap anggota keluarga. Setiap anggota keluarga pasti mempunyai keinginan tersendiri dalam penggunaan ruangan. Karenanya, sebisa mungkin mintalah pendapat dengan mereka agar dekorasi menjadi tepat sasaran. Sebagai contoh, seorang anak pasti membutuhkan ruang untuk bermain, dan ibu rumah tangga membutuhkan ruangan khusus untuk berkreasi dengan makanan.

  • Tentukan tema dekorasi rumah

Setelah mengetahui jumlah ruangan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan tema dekorasi rumah untuk setiap ruangan. Membuat tema dekorasi sangat penting sifatnya, karena tema akan mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari ruangan tersebut. Pilihlah tema yang sekiranya sesuai dengan tipe rumah tersebut, misalnya dekorasi rumah bertema warna-warni, tradisional, kayu, dan lainnya. Jika perlu diskusikan hal ini dengan anggota keluarga lain.

  • Pilihlah warna yang tepat

Salah satu prinsip dalam mendekorasi rumah adalah dengan memanfaatkan warna. Tema apapun yang digunakan untuk mendekorasi rumah pastilah selalu berhubungan dengan pemilihan warna. Karenanya, pemilihan dan penggunaan warna yang sesuai akan sangat membantu dalam mewujudkan tatanan dekorasi yang sesuai keinginan. Jika dekorasi yang dipilih bertemakan kombinasi warna, maka penggunaan car warna warni sangat diperlukan.

  • Selalu perhatikan detail kecil

Kebanyakan para pemula selalu melupakan hal kecil saat mendekorasi rumah. Padahal detail kecil sangat berpengaruh besar pada hasil akhir tiap dekorasi. Beberapa bagian yang sering dilupakan dalam mendekorasi rumah seperti sudut ruangan. Padahal jika dimanfaatkan dengan tepat, sudut ruangan dapat memberikan keunikan tersendiri. Detail lain yang juga sering dilupakan adalah bagian luar rumah, karena dianggap bukan merupakan bagian dari rumah.

  • Gunakan hiasan dan aksesori

Cara termudah dalam mendekorasi rumah adalah dengan menambahkan hiasan atau aksesori. Bagi pemula yang masih ragu untuk merubah kondisi ruangan rumah, penggunaan aksesori dan hiasan rumah adalah langkah yang tepat yang bisa dilakukan. Pilihlah aksesori yang sesuai dengan konsep ruangan yang ada di rumah. Pemakaian aksesori akan menghindarkan resiko kesalahan dekorasi terutama bagi pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *