Begini Cara Membasmi Jamur Rumah Dengan Cengkeh

Menghilangkan jamur pada dinding rumahRumah yang sudah jarang ditinggal biasanya akan tumbuh jamur dengan sendirinya. Namun ternyata tidak semua demikian. Rumah yang masih dihuni kadang juga ditumbuhi jamur bahkan hingga sangat lebat. Jika sudah seperti ini, penghuni rumah biasanya akan jengkel dengan sendirinya. Selain merusak pemandangan, jamur yang tumbuh pada dinding juga akan membuat dinding menjadi lapuk. Dan jika terus dibiarkan, maka dinding rumah biasanya akan mengelupas dan berlubang. Jika perkembangan jamur sampai merubah warna tembok, terapkan half painted sebagai solusi warna dinding rumah.

Jamur pada dinding rumah bisa dikarenakan oleh berbagai penyebab, salah satunya yaitu lembab. Kelembaban yang terjadi pada dinding rumah dapat memicu pertumbuhan jamur yang tidak terkontrol. Jamur biasanya akan tumbuh pada dinding yang terdapat saluran air. Langkah utama untuk menghilangkan jamur dari dinding yaitu dengan menghilangkan pemicunya, misalnya memperbaiki saluran pipa atau atap yang bocor. Masalah tersebut harus diselesaikan dulu baru kemudian membasmi jamur.

Cara membasmi jamur rumah dengan cengkeh:

  1. Hilangkan pemicu

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, langkah pertama untuk menghilangkan jamur rumah yaitu dengan menghilangkan pemicunya. Selama pemicu belum dihilangkan secara tuntas, maka jamur akan tetap tumbuh kembali pada area tersebut. Jika kelembaban dipicu oleh kebocoran pada atap rumah, sebaiknya perbaiki atap tersebut terlebih dahulu. Dengan menghilangkan faktor pemicu, maka jamur sebenarnya sudah tidak dapat berkembang lagi.

  1. Gosok permukannya

Untuk membersihkah dinding dari segala jenis jamur yang menempel, pembersihan harus dilakukan secara pelan-pelan agar tidak merusak permukaan dinding. Gosoklah dinding yang ditumbuhi jamur dengan sikat yang sudah diendapkan pada air panas. Setelah dirasa cukup bersih, bersihkan lagi dengan menggunakan kain lap agar sisa jamur yang tertinggal dapat terangkat. Dinding yang bersih akan memudahkan dalam pembasmian jamur.

  1. Meracik cengkeh

Dalam membuat cengkeh sebagai bahan pembasmi jamur rumah, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Yang pertama, siapkan satu sendok teh minyak cengkeh kemudian campurkan dengan empat gelas air panas. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata kurang lebih dua menit. Setelah dirasa cukup merata, tuangkan cairan tersebut pada wadah semprotan yang akan digunakan. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk perlindungan.

  1. Semprotkan pada dinding

Setelah bahan pembersih sudah siap, pastikan dinding rumah sudah dibersihkan dengan menggunakan lap kain. Semprotkan cairan cengkeh pada dinding yang akan dibersihkan termasuk pada bagian sekitar dinding yang ditumbuhi jamur. Setelah dinding disemprot, biarkan cairannya mengendap selama beberapa menit, kurang lebih sekitar 10 menit dan biarkan mengering. Setelah itu, basahi dinding tersebut dengan air kemudian bersihkan dengan lap.

  1. Semprot ulang

Sesaat setelah dinding dirasa cukup bersih, langkah terakhir yaitu semprot ulang pada bagian dinding tersebut dengan cairan cengkeh. Untuk kali ini, semprotan hanya dibiarkan sampai mengering karena tembok sudah dibersihkan. Tidak perlu mengelap lagi, cukup semprot lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Dijamin dinding rumah pasti tidak akan ditumbuhi oleh jamur lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *