Membuat Pagar Untuk Rumah Minimalis

Membuat pagar minimalisBagi beberapa orang, kondisi rumah tidak akan terasa sempurna tanpa adanya pagar. Selain dari fungsi untuk perlindungan rumah, pagar juga kerap dibuat atas dasar estetika. Keberadaan pagar tentunya akan mempercantik pemandangan dari keseluruhan rumah. Kualitas rumah yang baik dapat terlihat dari keberadaan pagar rumah. Pagar juga dapat menjadi tempat kreasi, terutama untuk taman hidroponik atau taman gantung. Begitu banyak kegunaan dari pagar, maka tidak heran jika banyak orang ingin membuatnya.

Meskipun demikian, dalam membuat pagar hendaknya mempertimbangkan beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan maksud dan tujuan. Jika pagar dibangun dengan maksud untuk melindungi rumah, maka pagar sebaiknya dibangun lebih tinggi dengan dipasangi rintangan. Yang harus diperhatikan dalam membuat pagar sebagai perlindungan yaitu berhati-hati dalam memilih handle pintu rumah. Sedangkan jika pagar yang akan dibuat dimaksudkan agar rumah menjadi lebih indah, kontruksi pagar tidak perlu dibuat lebih tinggi. Agar dalam membuat pagar tidak menyesal, banyak hal harus diperhatikan terlebih dahulu.

Tips sebelum membuat pagar untuk rumah minimalis:

  • Konsep pagar rumah

Dalam membuat pagar rumah, pertimbangan paling utama adalah mencakup konsep dari desain pagar rumah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, membuat pagar harus memperhitungkan kegunaan dari pagar tersebut. Jika pagar dibangun untuk melindungi rumah, maka sebaiknya pagar dibuat lebih tinggi dengan dipadukan rintangan. Namun jika pagar dibuat hanya untuk menambah estetika, maka sebaiknya jangan dibuat tinggi. Meski demikian, fungsi utama pagar tetap sebagai perlindungan. Jadi pikirkan dengan matang sebelum mulai membangun.

  • Material dan bahan

Ada berbagai model pagar yang dapat dibuat. Hendaknya model pagar yang akan dibuat harus disesuaikan dengan keadaan rumah. Rancangan model pagar rumah secara otomatis akan menjadi patokan dari jenis material dan bahan yang akan digunakan. Ada berbagai model dan bahan pagar rumah yang dapat diterapkan, mulai kayu, kawat, semen, dll. Setiap bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Umur pakai tiap bahan tersebut juga berbeda. Usahakan untuk mempertimbangkan hal ini dengan cermat.

  • Ukuran pagar

Tinggi rendahnya ukuran dari pagar rumah dipengaruhi oleh konsep pagar yang sudah dibuat, dan secara otomatis material dan ukuran yang akan menyesuaikan. Secara umum, tinggi pagar adalah 150 cm. Selain dari tinggi rendahnya, lebar pagar juga harus diperhitungkan dengan seksama. Pagar yang terlalu tebal akan menyulitkan ketika melakukan pembongkaran. Sebaliknya, ukuran pagar rumah yang terlalu tipis tidak akan cukup melindungi rumah dari resiko kemalingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *