Memilih Lantai yang Tepat Untuk Rumah Minimalis

Memilih lantai rumah minimalisAda banyak pertimbangan yang harus diambil ketika akan menentukan jenis lantai apa yang akan digunakan dalam membuat rumah. Harga biasanya menjadi perhatian paling utama dalam memilih jenis lantai. Kebanyakan orang pastinya akan lebih memilih lantai yang berharga ekonomis daripada yang berharga mahal. Yang juga menjadi pertimbangan yaitu berkaitan dengan cuaca. Rumah pada daerah tropis biasanya menggunakan keramik karena dapat menyimpan hawa dingin dan tidak sulit untuk dibersihkan. Pilihan lain yaitu granit dan marmer, namun merawat lantai jenis granit dan marmer rumah lebih sulit daripada lantai keramik.

Ada juga pertimbangan lain menyangkut dengan konsep desain rumah. Dengan mengetahui konsep rumah yang akan dibangun, maka secara otomatis pilihan jenis lantai yang digunakan akan mengikuti. Rumah minimalis yang ingin menampilkan desain elegan dapat menerapkan lantai yang terbuat dari granit. Sedangkan pada rumah yang ingin menampilkan konsep antik, penerapan lantai rumah berbahan tegel sudah cukup menggambarkan. Sebenarnya masih ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, agar lebih jelas ikuti penjelasan berikut.

Tips memilih lantai yang tepat untuk rumah minimalis:

  • Ukuran lantai

Pada zaman dahulu ukuran lantai yang tersedia di pasaran mungkin sama saja, biasanya hanya 30 cm dan 50 cm. Untungnya, sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai ukuran lantai mulai dari yang kecil hingga yang besar. Dalam rangka membuat rumah minimalis terasa lebih luas, pemilihan lantai yang berukuran besar sangat dianjurkan. Ukuran tile lantai yang luas akan memberi kesan tersendiri pada ruangan yang tampak luas karena tidak terpotong-potong.

  • Daya tahan lantai

Akan lebih baik jika material lantai yang digunakan berkualitas bagus. Pemilihan lantai yang berkualitas bagus akan mengurangi biaya renovasi yang kemungkinan terjadi. Memang akan sedikit mahal jika menerapkan lantai yang berkualitas, namun manfaat yang akan didapatkan kedepannya akan sebanding. Selain lantai yang kuat, kesan elegan akan tercermin. Dan yang lebih penting, perawatan yang diberikan akan lebih mudah.

  • Gunakan jenis berbeda

Ada banyak tipe lantai, dan setiap tipe pastinya mempunyai fungsi dan spesifikasi yang berbeda. Pada ruang tamu dan kamar tidur, lantai yang digunakan sebaiknya yang berbahan granit. Kedua ruangan ini akan memberi gambaran pada seluruh keadaan rumah. Pada ruangan tersebut, lantai yang digunakan sebaiknya bertekstur mengkilap dan halus sehingga akan nyaman ketika digunakan untuk lesehan. Untuk kamar mandi dan ruang dapur, jenis lantai yang digunakan sebaiknya berbahan kasar untuk menghindari kemungkinan terpeleset.

  • Pertimbangkan warna

Banyak yang lupa bahwa warna akan memberikan nilai artistik tersendiri pada hunian, terutama rumah minimalis dengan konsep warna-warni. Pemilihan warna lantai juga harus disesuaikan dengan kondisi rumah, dalam arti konsep dari desain rumah tersebut. Yang juga harus menjadi pertimbangan yaitu penggunaan furniture juga harus tepat. Perpaduan antara lantai rumah, warna dinding dan furniture yang sesuai akan menampilkan suasana rumah yang utuh.

  • Motif minimalis

Jika tidak ingin menggunakan lantai yang berwarna karena takut sulit diganti, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan lantai yang memiliki motif minimalis. Agar kesan minimalis pada rumah semakin terasa, pilihlah lantai dengan motif yang sederhana. Ada banyak jenis motif minimalis yang dapat diterapkan. Pemilihan jenis lantai yang mempunyai banyak motif justru tidak akan menggambarkan kesan minimalis pada rumah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *