Membuat Kamar Tidur Sesuai Fungsinya

Membuat Kamar Tidur Sesuai FungsinyaKarena ingin membuat kamar tidur menjadi nyaman, banyak orang memasukkan berbagai barang kesukaannya ke dalam kamar. Dengan harapan bahwa semua koleksinya tersebut dapat membantu dalam tidur. Kondisi ini sebenarnya tidak salah, namun jika kembali pada fungsi utama kamar tidur, hal ini tentunya tidak dapat dibenarkan. Sejatinya, fungsi utama kamar tidur adalah sebagai ruang beristirahat. Membuat kamar tidur sesuai fungsinya sangat mudah untuk dipraktekkan.

Perlu atau tidaknya membawa koleksi ke dalam kamar tidur sebenarnya bergantung pada orang tersebut. Jika penghuni rumah merasa terbantu dengan keberadaan barang koleksinya, maka hal tersebut tidak salah. Namun jika keberadaan koleksi tersebut justru dapat mengganggu aktifitas tidur, ada baiknya untuk dipindahkan. Mekipun demikian, akan lebih baik jika kamar tidur memang hanya difungsikan untuk tidur saja. Dan apapun yang tidak membantu tidur, sebaiknya dipindahkan.

Merapikan kamar tidur agar nyaman

Bagi orang-orang tertentu yang memang sehari-hari bekerja dari rumah, fungsi ruangan dalam rumah kerap berganti. Misalnya, menyelesaikan pekerjaannya di ruang makan bahkan di tempat tidur. Keadaan seperti ini jelas akan menghilangkan fungsi utama kamar tidur sebagai tempat tidur. Karenanya, setiap orang harus mempunyai batasan dalam memposisikan diri terhadap ruangan yang sedang ditempati. Ketika berada di meja makan, berarti sedang menikmati makan, dan begitu seterusnya.

Jikapun keadaan tidak memungkinkan, misalnya karena keterbatasan ruang atau deadline pekerjaan, maka sisakan tempat tidur hanya untuk tidur. Tempat tidur yang digunakan untuk mengerjakan aktifitas apapun, maka scara psikologis akan berpengaruh pada kualitas tidur. Sebagai contoh, karena deadline yang sudah mendekat, pekerjaan kemudian dibawa ke tempat tidur bahkan hingga tertidur. Keadaan ini akan merespon otak bahwa lokasi yang ditempati bukan tempat tidur. Hasilnya, kualitas tidur tidak akan terpenuhi.

Membuat kamar tidur sesuai fungsinya

Untuk menghindari kondisi di atas, ada baiknya kamar tidur dikembalikan pada fungsi awalnya, begitu juga dengan kamar lain. Jika memang melakukan pekerjaan dari rumah, berikanlah batasan sampai ruangan mana urusan pekerjaan masih boleh dibahas. Hal sederhana untuk membuat kamar tidur sesuai fungsinya yaitu dengan mengeluarkan semua barang yang tidak berhubungan dengan tidur. Begitu juga dengan furniture, hiasan, juga lampu dalam kamar tidur rumah yang terlalu terang.

Kamar tidur bukanlah tempat untuk menyelesaikan pekerjaan atapun menonton TV. Maka dari itu, sebaiknya pindahkan TV tersebut ke ruangan lain dan selesaikan pekerjaan pada meja kerja. Keberadaan TV pada kamar tidur kebanyaka hanya akan menjadi pengganggu. Karena acara yang menarik, waktu tidur kemudian tertunda. Belum lagi dengan camilan yang harus disiapkan. Justru dengan beragam fasilitas dan furniture yang terdapat pada kamar tidur akan membuat pikiran terpecah sehingga tidak fokus dalam tidur. Hasilnya, kualitas tidur pun menjadi tidak terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *