Menciptakan Ruang Keluarga yang Ideal

Menciptakan Ruang Keluarga yang IdealSetiap rumah kebanyakan memiliki ruang keluarga sebagai sarana untuk berkumpul semua penghuni rumah. Ruang keluarga biasanya diidentikkan selalu berada di tengah rumah. Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku tentang lokasi dari ruang keluarga. Bahkan bisa saja ruang keluarga berada di bagian belakang rumah. Di manapun lokasi dari ruang keluarga, poin utama adalah kenyamanan. Rasa nyaman merupakan faktor penting dalam menciptakan ruang keluarga yang ideal.

Sebagai tempat berkumpulnya penghuni rumah, suasana ruang keluarga haruslah dibuat senyaman mungkin. Dalam arti, interior dan fasilitas dapat mengakomodir semua kebutuhan anggota keluarga. Interior ruang keluarga haruslah lengkap, mulai dari furniture, ornament, hiasan dan aksen ruangan. Furniture yang ada dalam ruang juga harus berukuran besar agar dapat menampung. Dengan begitu, bisa dipastikan suasana akan menjadi lebih hidup dan meriah.

Tips menciptakan ruang keluarga yang ideal

Secara singkat, ruang keluarga merupakan area untuk tempat kumpul keluarga. Ruang keluarga sebisa mungkin dikhususkan sebagai tempat berkumpul. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga bisa dimanfaatkn untuk keperluan lain, misalnya untuk belajar bersama. Idealnya, ruang keluarga dapat memfasilitasi semua kebutuhan anggota rumah. Karenanya, pertimbangan utama pastinya berhubungan dengan luas ruangan. Berikut pilihan agar ruang keluarga menjadi ideal.

  • Tema cerah

Untuk menciptakan ruang keluarga yang ideal, diantara cara yang bisa dipilih yaitu menerapkan tema yang cerah pada ruangan. Dengan mengubah tema ruangan menjadi cerah, otomatis suasana juga akan menjadi cerah. Pemilihan warna cerah juga dapat memberi pengaruh psikologis pada penghuni ruangan. Ada banyak pilihan warna cerah yang cocok untuk ruang keluarga seperti kuning gading, hijau pupus, orange, dan sebagainya.

  • Aksen dinding

Jika bosan terhadap penerapan warna, ada cara lain yang bisa diterapkan pada ruangan. Pemakaian aksen pada dinding sangat membantu dalam menghidupkan suasana. Beberapa pilihan aksen dinding seperti mural atau wallpaper. Jika ingin menerapkan mural, motif mural sebaiknya disesuaikan dengan tema ruangan yang dipakai. Hal ini diperlukan agar tercipta keselarasan konsep ruangan. Begitu juga ingin menerapkan wallpaper.

  • Hiasan ornament

Untuk memperkaya interior ruangan keluarga, tidak ada yang lebih baik dari memajang foto keluarga. Bisa juga pada bagian dinding tersebut dijadikan semacam galeri keluarga. Misalnya, satu foto keluarga besar lalu dikelilingi dengan foto-foto lain dengan penataan acak. Pemasangan foto yang segaris dan lurus akan memberikan kesan kaku pada ruangan. Hasilnya, ruang keluarga justru akan bersuana seperti museum. Hindari hal ini.

  • Dinding unik

Pilihan terakhir dalam menciptakan ruang keluarga yang ideal yaitu penggunaan dinding yang unik. Tidak seperti beberapa pilihan di atas, penerapan dinding yang unik ini lebih bersifat permanen. Diantara contoh dinding yang unik yaitu lapisan kayu, papan tulis, atau bahkan bambu. Sebenarnya dinding unik tidak permanen, namun karena tidak seperti ornament lain yang dapat diubah sewaktu-waktu, karenanya dikategorikan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *