Agar Kamar Tidur Rumah Lebih Ideal

Agar Kamar Tidur Rumah Lebih IdealJika ingin berbicara tentang sebuah lokasi yang tepat untuk beristirahat, tentunya hanya kamar tidur. Sesuai dengan namanya, kamar tidur merupakan tempat tidur utama. Meskipun kadang aktifitas tidur menggunakan tempat lain, namun kamar tidur tetap menjadi kamar utama untuk beristirahat. Agar kamar tidur rumah lebih ideal, setidaknya ada dua hal yang harus dipertimbangkan. Secara umum, pertimbangannya meliputi lokasi kamar tidur dan luasnya.

Kamar tidur merupakan ruang privasi, terutama jika sudah berkeluarga. Untuk orang yang masih belum mempunyai pasangan, kamar tidur justru menjadi tempat berkumpul dengan teman-temannya. Namun semuanya akan berubah menjadi sangat privasi begitu mempunyai pasangan. Agar kamar tidur terasa privat dan nyaman, maka penataan interior maupun desain menjadi sangat penting. Kamar tidur sesuai fungsinya yaitu untuk tidur, biarpun terkadang kamar tidur menjadi multifungsi.

Memilih lokasi agar kamar tidur rumah lebih ideal

Sesuatu yang ideal akan identik dengan terpenuhinya keinginan melalui fasilitas tertentu. Agar kamar tidur menjadi lebih ideal, pemilihan lokasi yang tepat menjadi poin utama. Ada beberapa prinsip bagaimana kamar tidur menjadi lebih ideal, diantaranya dengan menghindari keramaian. Kamar tidur yang berada di bagian depan rumah sebenarnya tidak dianjurkan. Terlebih jika rumah tersebut berada di pinggir jalan raya. Sebaiknya hindari hal ini agar tidur tidak terganggu dengan kebisingan.

Lokasi lain yang harus dipertimbangkan yaitu dekat dengan ruang keluarga. Lokasi kamar tidur seperti ini akan mempermudah untuk berkomunikasi setiap penghuni rumah. Hasilnya, hubungan antara anggota rumah menjadi lebih harmonis dan semakin lebih intim. Jika sekiranya rumah akan dilengkapi dengan taman, ada baiknya untuk menghadapkan kamar tidur pada area tersebut. Pemandangan yang alami ketika bangun tidur akan membantu dalam memperbaiki mood seseorang.

Ukuran luas agar kamar tidur rumah lebih ideal

Setelah mendapatkan lokasi dan arah yang tepat untuk membangun tempat tidur, langkah selanjutnya yaitu melakukan hitung-hitungan tentang luas kamar. Luas kamar tidur akan menjadi kunci dalam membuat dekorasi kamar beserta interiornya. Tentunya pada saat akan membuat kamar tidur sudah punya rencana tentang furniture apa saja yang akan dimasukkan. Dari rencana inilah hitung-hitungan kemudian dibuat. Sebisa mungkin luas kamar dapat menampung semua kebutuhan.

Secara mudah, hitungan dibuat berdasarkan ukuran barang yang akan ditempatkan pada kamar tidur. Sebagai contoh, tempat tidur berukuran 200×180 cm, lemari 80×50 cm, sofa mini 150×75, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui jumlah dari keseluruhan kebutuhan tiap furniture tersebut, maka kebutuhan luas agar kamar tidur rumah lebih ideal dapat diketahui. Selain dari luas furniture tersebut, sisakan jarak pada setiap furniture tersebut sebagai akses jalan. Jika perlu, biarkan ada sedikit ruang kosong pada kamar tidur jika suatu saat ingin menambah furniture pada area kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *