Hindari Kebiasaan Ini Sebelum Mengambil KPR

KPR perumahan Kebanyakan orang yang mengambil KPR hanya melakukan sedikit pertimbangan dan tidak mendetail. Akibatnya, angsuran KPR berhenti dan dinyatakan gagal oleh pihak pengelola. Hal seperti ini sebenarnya dapat dihindari jika menggunakan strategi yang tepat dengan melihat kondisi. KPR merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan rumah idaman. Dikarenakan caranya sedikit rumit dan panjang, maka butuh pertimbangan dan strategi yang matang.

Salah satu yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR adalah terkait dengan kebiasaan hidup. Kebiasaan hidup akan sangat berhubungan dengan tingkat keberhasilan penyelesaian semua angsuran KPR. Kebiasaan yang paling bersinggungan langsung yaitu tentang disiplin. Angsuran KPR biasanya dilakukan setiap satu bulan sekali dan harus dilakukan secara rutin. Selain disiplin, hindari beberapa kebiasaan ini sebelum mengambil KPR.

Terlalu sering berhutang

Kebiasaan utama yang harus dihindari sebelum mengambil KPR adalah sering berhutang. Kebiasaan sering hutang akan membawa dampak negatif terhadap kondisi keuangan pada masa depan. Oleh karenanya, hentikan kebiasaan ini sebelum mengambil KPR. Berhutang memang cara yang efektif untuk menutupi kebutuhan, namun ini hanya membantu pada awal.

Tidak mengatur keuangan

Mengatur keuangan merupakan langkah awal dalam pengelolaan ekonomi dengan harapan agar kondisi finansial tetap stabil. Melakukan pengaturan keuangan sebenarnya sesuatu yang  mudah dilakukan. Sayangnya, tidak semua orang mau melakukannya. Mengatur keuangan dimaksudkan untuk menjaga kestabilan keuangan dengan menyisakan tabungan sebagai tujuan akhirnya.

Tidak mempunyai rencana

Kebanyakan orang yang sukses dalam hidupnya adalah orang-orang yang mempunyai rencana hidup. Tidak hanya tentang rencana keuangan, rencana hidup juga perlu disusun agar hidup lebih terkonsep. Sebagai gambaran, orang yang ingin mempunyai rumah  pada usia 30 tahun dan lunas pada umur 45 tahun, maka paling tidak pada umur 28 harus sudah melakukan persiapan.

Tidak punya prioritas

Prioritas merupakan kebutuhan utama yang harus segera diselesaikan. Mempunyai prioritas merupakan salah satu motivasi utama dalam menggapai sesuatu. Namun, banyak orang yang masih bingung dalam memprioritaskan antara kebutuhan dan keinginan. Mempunyai rumah adalah keinginan, sedangkan mengambil KPR adalah kebutuhan yang harus dilalui ketika keterbatasan dana.

Itulah beberapa kebiasaan yang patut dihindari ketika ingin mengambil KPR sebagai langkah untuk mendapatkan rumah. Kebiasaan tidak baik hendaknya segera diubah dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif sehingga KPR bisa diselesaikan dengan baik. Mengambil KPR memang tidak mudah, oleh karenanya sifat tanggung jawab dan disiplin menjadi hal pokok yang wajib ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *