Tips Memilih Rumah Untuk Pasangan Baru

Memilih rumah untuk pasangan baruPasangan baru berarti keluarga baru, dan keluarga baru berarti butuh tempat tinggal baru. Karena berbagai alasan, pasangan yang baru menikah lebih memilih untuk hidup secara terpisah dari orang tuanya. Mempunyai tempat tinggal adalah suatu keharusan, terutama untuk pasangan baru. Setiap pasangan pasti mencita-citakan mempunyai rumah seperti yang diharapkan. Dengan baru beranggotakan dua orang, rumah bertipe minimalis tentunya sudah cukup.

Tidak kurang akal, meskipun kadang banyak pasangan baru belum mempunyai cukup modal, mereka tidak kehilangan akal dengan mengambil KPR. Mengikuti KPR merupakan solusi tepat ketika pindah rumah. Semakin banyaknya bank yang menyediakan fasilitas KPR membuat mudah pasangan baru untuk memiliki rumah. Bagi pasangan baru yang ingin mengambil KPR, ada baiknya untuk melakukan berbagai pertimbangan dulu agar tidak menjadi kendala keuangan di masa depan. Agar lebih jelas, perhatikan beberapa pertimbangan ini.

  • Sesuaikan dengan dana

Layaknya pasangan yang masih muda, keinginan memiliki rumah idaman pasti menggebu-gebu. Sayangnya, tidak banyak pasangan yang bisa menyesuaikan dengan kondisi ekonomi mereka. Pasangan baru cenderung tidak peduli berapa besar dana yang harus dikeluarkan tanpa melihat kondisi keuangan. Sesuaikanlah kondisi keuangan yang dipunya untuk membeli rumah.

  • Kesiapan keuangan

Dalam praktek manajemen keuangan, membeli rumah juga harus direncanakan dengan matang. Jika angsuran KPR diambil dengan durasi lima tahun, maka pastikan pendapatan dalam kurun waktu lima tahun tetap stabil. Pertimbangkan juga alokasi dana untuk keperluan yang lain, misalnya untuk membeli kendaraan. Kesiapan dana dalam jangka tertentu akan menentukan.

  • Pilih lokasi rumah

Pengaruh paling besar terhadap harga suatu rumah adalah lokasi. Semakin dekat jarak rumah tersebut dengan pusat kota, maka harganya akan semakin mahal. Jika lokasi rumah yang akan dibeli sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan kalkulasi keuangan. Daerah terpencil menawarkan harga rumah terjangkau, namun tidak dengan operasionalnya.

  • Sesuaikan kebutuhan

Pasangan yang baru menikah tentunya memiliki kebutuhan ruangan yang lebih sedikit dibanding dengan keluarga besar. Karena hanya beranggotakan dua orang, maka rumah dengan tipe minimalis dinilai sudah cukup memenuhi kebutuhan. Membeli rumah yang besar sangat tidak dianjurkan untuk pasangan baru, selain harganya relatif mahal, banyak ruangan yang kosong.

  • Desain rumah

Rumah dengan tipe minimalis lebih memudahkan dalam perawatan. Selain itu, biaya lain yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Rumah minimalis tidak membutuhkan terlalu banyak lampu untuk penerangan, secara tidak langsung konsumsi daya tidak akan terlalu besar. Lakukan perbandingan desain yang ditawarkan oleh beberapa pengembang, dan ambil satu yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *