Lakukan Ini Agar Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Renovasi rumah dengan hematSecara umum, renovasi dapat melibatkan aktifitas pemugaran, pembongkaran, penataan, perbaikan rumah, dan lain-lain. Dengan berbagai aktifitas yang terlibat, wajar saja jika renovasi rumah kadang membutuhkan biaya banyak untuk mewujudkannya. Menambah bagian tertentu dalam rumah seperti dinding atau jendela, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Merenovasi rumah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, harus diperhitungkan dulu bagian apa yang akan direnovasi dan berapa kebutuhan anggarannya. Hal yang sama juga berlaku untuk renovasi kamar mandi agar biaya murah.

Renovasi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga keadaan rumah tetap berfungsi secara normal. Kondisi lain yang menyebabkan banyak orang merenovasi rumah yaitu terkait selera desain rumah. Hal yang paling sering terjadi adalah ketika orang membeli rumah dengan harga terjangkau kemudian baru mengubah sesuai dengan keinginannya. Namun banyak orang melakukan kesalahan ketika merenovasi rumah sehingga biaya yang dibutuhkan membengkak. Kesalahan umum yang paling sering terjadi yaitu dalam memilih material dan perbaikan lain yang tidak terduga. Agar dapat menghemat biaya renovasi rumah, perhatikan hal berikut.

  • Tentukan skala prioritas

Kebanyakan orang tidak menentukan skala prioritas ketika akan memulai renovasi rumah. Prioritas dimaksudkan sebagai acuan untuk menentukan bagian apa saja yang akan direnovasi. Prioritas akan mencegah seseorang untuk tidak mengerjakan apa yang menjadi tujuan. Seorang tukang renovasi yang dipanggil biasanya akan menyarankan untuk mengganti bagian ini dan itu. Meskipun kadang ada benarnya, namun keadaan seperti ini akan membuat biaya renovasi makin membengkak. Dengan adanya prioritas, maka hal seperti ini dapat dihindari.

  • Buatlah detail hitungan anggaran

Kesalahan lain yang sering dilakukan orang yaitu tidak membuat detail anggaran perbaikan dan pengerjaan. Dalam merenovasi rumah, semua hal yang membutuhkan anggaran sebaiknya dibuat dengan detail. Hitungan harus dibuat mulai dari awal sampai akhir, keperluan apa saja yang akan dibeli, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk semuanya. Semua biaya tersebut harus dibuat sedetail mungkin. Jika suatu saat terjadi kebutuhan anggaran lain, sebaiknya ditunda dulu dan fokuslah sesuai dengan skala prioritas yang sudah dibuat.

  • Pilih kontraktor yang bagus

Banyak kontraktor yang hanya mengedepankan kecepatan pengerjaan daripada kualitas yang dihasilkan. Karenanya, hal yang paling baik dilakukan adalah dengan memilih kontraktor yang sudah terpercaya kualitasnya. Carilah referensi sebanyak mungkin, dan periksa hasil pekerjaannya. Jangan sampai terkecoh karena ingin menghemat biaya renovasi rumah kemudian memilih kontraktor berharga murah namun tidak berpengalaman dan professional. Hal seperti ini justru akan berakibat pada kualitas yang tereduksi dan renovasi yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *