Kiat Menjaga Dapur Rumah Tetap Bersih

Membersihkan dapur rumahKualitas rumah yang baik dapat dilihat dari mana saja, salah satunya adalah keadaan dapur yang bersih. Menjaga dapur tetap dalam keadaan selalu bersih merupakan hal yang sedikit susah. Salah satu penyebab umum yaitu rasa lelah yang menghampiri setelah melakukan aktifitas dalam dapur. Ruang dapur tidak seperti ruangan lainnya pada rumah. Terkadang meskipun penghuni rumah selalu membuang kotoran, namun tetap saja keadaan dapur rumah terasa kotor. Dapur yang bersih adalah cara sederhana menghilangkan kecoak dalam rumah.

Asap dan cipratan minyak merupakan hal yang lumrah ditemui pada dapur rumah. Kotoran seperti ini lebih sulit untuk dibersihkan daripada kotoran biasa. Perlu cara khusus agar cipratan minyak dan asap bisa benar-benar hilang. Karenanya, melakukan pencegahan adalah tindakan terbaik dalam kiat menjaga dapur rumah tetap bersih. Agar asap rumah tidak menyebar kemana-mana, gunakan peralatan khusus penangkap asap seperti yang biasa digunakan dalam restoran.

Berikut kiat menjaga dapur rumah tetap bersih:

  • Segera bersihkan

Kebanyakan ibu rumah tangga membiarkan peralatan dapur hingga banyak baru kemudian dibersihkan dengan alasan efisiensi waktu. Padahal kondisi seperti ini tidak benar. Selain akan membuat peralatan dapur berkerak, kotoran yang menempel akan sangat sulit untuk dibersihkan. Sebisa mungkin, segeralah bersihkan setiap satu peralatan yang telah selesai digunakan dan jangan tunggu sampai menumpuk. Justru, keadaan seperti inilah yang dapat menghemat waktu, bukan dengan cara membersihkan secara bersamaan.

  • Langsung rapikan

Begitu peralatan telah selesai dibersihkan, perlengkapan tersebut hendaknya langsung dirapikan dengan diletakkan pada tempatnya secara langsung. Merapikan peralatan dapur secara bersamaan harus meluangkan waktu tersendiri agar dapat terlaksanakan. Jika peralatan dapur langsung dirapikan begitu selesai digunakan, maka hal ini akan membantu dalam menghemat waktu karena seperti mencicil satu persatu ketika sedang mengerjakan aktifitas lain.

  • Sesuaikan perawatan

Setiap jenis perlatan dapur pastinya membutuhkan perawatan yang berbeda karena bahan yang digunakan tidak selalu sama. Sebagai contoh, peralatan yang berbahan alumunium akan lebih tepat jika dibersihkan dengan bahan yang mengandung lemon. Sedangkan pada peralatan yang terbuat dari metal atau besi, bahan yang digunakan untuk membersihkan biasanya menggunakan detergen yang kuat. Merawat perabotan dapur juga termasuk merapikan ke tempat penyimpanannya, biasanya berupa rak.

  • Bersihkan bak cuci

Kejadian paling umum dilupakan oleh ibu rumah tangga yaitu lupa membersihkan bak cuci. Kebanyakan orang hanya akan membersihkan berbagai peralatan yang sudah digunakan saja dan justru lupa membersihkan tempat bak cuci piring. Biasanya bak cuci akan ditinggal begitu saja setelah selesai digunakan. Padahal kebersihan dan sifat higienis akan diperoleh melalui tempat cuci yang bersih. Bak cuci yang bersih akan mengurangi resiko kuman menempel pada peralatan dapur yang sudah dicuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *