Menciptakan Gaya Hidup Sehat Dengan Rumah Sehat

Menciptakan rumah sehatDalam rangka menciptakan gaya hidup sehat, beragam cara dapat dilakukan, mulai dari cara yang sederhana hingga cara yang terbilang rumit. Suasana hidup sehat tidak terlepas dari keberadaan rumah sebagai tempat aktifitas utama. Selain dari perilaku sehari-hari, rumah sehat bisa menjadi salah satu langkah dalam menciptakan gaya hidup sehat. Tidak mudah memang, namun hunian yang layak dapat mencerminkan gaya hidup sehat secara maksimal. Yang perlu diperhatikan, rumah sehat juga harus mempunyai tatanan kontruksi rumah tahan gempa agar melindungi penghuni rumah.

Dalam membangun sebuah rumah, ada banyak aspek yang harus diperhatikan, mulai dari aspek lingkungan hingga kesehatan. Desain rumah yang mencerminkan gaya hidup sehat harus mengakomodir beberapa komponen, diantaranya pergantian udara dan sanitasi yang terkelola. Selain kedua hal tersebut, sebenarnya masih ada banyak komponen lain yang harus diperhatikan. Agar hunian dapat mengakomodir gaya hidup sehat, simak tips menciptakan gaya hidup sehat dengan rumah sehat berikut.

  • Sirkulasi udara

Tersedianya kualitas udara yang baik akan semakin meningkatkan ketersediaan oksigen yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Oksigen merupakan komponen utama dalam tubuh untuk mendukung kehidupan. Agar kualitas oksigen tetap terjaga, penggunaan ventilasi sebagai tempat sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Ventilasi udara yang memadai akan membuat pergantian udara dalam rumah dapat berjalan maksimal.

  • Tata pencahayaan

Salah satu unsur penting dalam rumah sehat yaitu tata pencahayaan yang maksimal. Pengelolaan penerangan yang baik dapat menciptakan suasana kondusif dalam rumah. Selain itu, pencahayaan dibuat melalui perpaduan cahaya alami dan penerangan buatan seperti listrik yang hemat daya. Dan apabila dimungkinkan, sumber energi yang digunakan hendaknya terbuat dari sumber yang terbarukan.

  • Jenis lantai

Tidak banyak yang mengetahui bahwa pemilihan jenis lantai yang tepat dapat mengakomodir gaya hidup sehat dengan baik. Gunakan jenis lantai yang tidak bisa menyimpan banyak kotoran seperti lantai granit. Namun jika tidak menggunakan lantai granit karena harganya yang lebih mahal, lantai jenis keramik pun dapat digunakan. Yang paling penting, sebisa mungkin lantai rumah selalu terjaga kebersihannya.

  • Pembuangan akhir

Entah karena memang lupa atau memang tidak direncanakan dari awal, banyak rumah yang baru dibuat tidak disertai dengan pembuangan akhir. Padahal keberadaan pembuangan sangat penting manfaatnya. Selain septi tank, masih ada jenis pembuangan akhir yang harus ada dalam setiap rumah. Diantaranya yaitu saluran pembuangan air kotor bekas mencuci atau bekas mandi. Selain itu, tempat pembuangan makanan basi dan barang pecah belah juga harus dipikirkan.

  • Sanitasi air

Selain udara, air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Karena sifatnya yang sangat penting, air harus tersedia dalam kualitas yang bersih. Air rumah yang berkualitas buruk karena kotor maupun bau dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi. Air yang kotor tersebut biasanya mengandung bakteri yang dapat mengkontaminasi manusia. Instalasi air juga harus dilakukan secara tepat agar kebutuhan air dalam rumah dapat terpenuhi.

  • Bebas polutan

Polusi bisa berbentuk apa saja, misalnya polusi udara, polusi suara, polusi debu, dan lainnya. Rumah sehat hendaknya terbebas dari berbagai bentuk polusi tersebut. Gaya hidup sehat tidak akan terlaksana tanpa pengendalian polusi yang tepat. Perilaku penghuni rumah kadang juga mempunyai andil dalam menciptakan polusi, misalnya merokok dalam rumah atau masuk dalam rumah tanpa membersihkan alas kaki. Karenanya, perilaku yang baik akan menciptakan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *