Cara Sederhana Merawat Keramik Mosaik

Cara Sederhana Merawat Keramik MosaikDiantara tren yang sedang digemari dalam hal jenis keramik yaitu berjenis mosaik. Selain warnanya yang bervariasi, kemudahan dalam memasang juga menjadi keunggulan tersendiri. Keramik mosaik juga dianggap lebih aman dari kemungkinan pecah karena bentuknya yang kecil sehingga tepat untuk lantai rumah minimalis. Keunggulan lain, keramik mosaik lebih mudah dibersihkan. Ada cara sederhana merawat keramik mosaik dengan mudah, yaitu cukup hanya mengelap dengan air.

Bagi yang belum tahu, keramik mosaik merupakan keramik dengan ukuran kecil yang dapat membentuk pola unik ketika dirangkai. Memang dibutuhkan kehati-hatian dalam merangkainya, namun hasilnya akan lebih terlihat menyenangkan daripada keramik biasa. Sudah banyak kejadian keramik pecah akibat proses pemasangan yang tidak benar. Kondisi seperti ini tidak akan terjadi pada keramik mosaik. Harga permeter dari keramik mosaik juga lebih terjangkau dibanding jenis lain.

Cara sederhana merawat keramik mosaik

Perawatan yang mudah menjadi keunggulan tersendiri dari keramik mosaik. Hal ini jelas sangat berbeda dengan jenis keramik yang mempunyai tile lebar. Keramik mosaik paling bagus diterapkan pada kamar mandi modern, baik itu sebagai lapisan dinding maupun lapisan lain. Perawatan paling sederhana untuk keramik mosaik yaitu dengan menjaga kebersihan begitu setelah selesai digunakan. Cukup dengan mengelap bagian keramik yang basah, maka itu sudah cukup.

Yang pasti, keberadaan keramik mosaik akan dapat mempercantik keadaan ruangan tersebut. Agar keramik mosaik selalu terjaga, perawatan secara sudah cukup membantu menjaga penampilannya. Cara sederhana merawat keramik mosaik yaitu dengan mengelap dengan kain basah secara rutin. Dengan begitu, semua kotoran yang menempel akan hilang. Sedangkan pada kamar mandi, cukup siram dan usahakan agar tidak ada sabun maupun bahan lain yang menempel.

Cara merawat keramik mosaik yang kotor

Jika keadaan keramik mosaik sudah terlanjur kotor, perawatan harus dilakukan dengan cara berbeda. Menyiram dan mengelap saja tidak akan cukup membersihkan keramik mosaik. Terlebih jika kotoran sudah menempel dan terakumulasi sejak lama. Bisa dipastikan pembersihan harus dilakukan secara sungguh-sungguh. Untuk noda yang membandel, gunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan yang seimbang. Gunakan semprotan lalu terapkan pada keramik dan biarkan hingga 10 menit baru sikat kemudian langsung keringkan.

Jika tidak menemukan cairan cuka dalam rumah, sabun cuci piring yang cair juga dapat digunakan. Untuk menggunakan sabun cuci piring cair, campurkan terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah tercampur, gunakan cairan tersebut pada keramik mosaik sambil digosok dengan spons lembut. Begitu selesai, segera keringkan keramik mosaik agar tidak timbul garis-garis kecil. Sebaiknya, lakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi penumpukkan kotoran. Cara sederhana merawat keramik mosaik tersebut juga bisa diaplikasikan pada jenis keramik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *