Tips Agar Rumah Terhindar Dari Kebisingan

Tips Agar Rumah Terhindar Dari KebisinganKeadaan sekitar rumah yang terlalu bising dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam rumah, terutama jika waktu istirahat tiba. Kejadian seperti ini paling sering dialami pada rumah di area perkotaan. Meskipun terkadang rumah pada desa juga dapat mengalami hal yang sama. Untungnya ada beberapa tips agar rumah terhindar dari kebisingan sekitar. Hal seperti harus dilakukan demi menciptakan suasa rumah yang tenang dan damai.

Banyak orang yang memilih untuk mempunyai rumah di dekat jalan raya dikarenakan lokasinya yang sangat strategis. Dengan rumah yang berada di dekat jalan, semua akses tentunya akan menjadi lebih mudah. Sayangnya, di sisi lain rumah di pinggir jalan menciptakan ketidak-nyamanan tersendiri bagi penghuni rumah. Suara kendaraan yang berlalu lalang tentunya bisa menjadi gangguan saat tidur. Belum lagi jika dijadikan tempat ngobrol orang lain.

Tips agar rumah terhindar dari kebisingan

Sebenarnya, masih banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari rumah yang berada di pinggir jalan. Akan lebih baik lagi jika gangguan berupa kebisingan tersebut dapat dicegah. Tentunya bukan dengan menutup jalan, tapi melalui renovasi rumah meskipun itu berskala kecil. Banyak cara dapat diambil agar hunian tak lagi mendengar kebisingan sekitar. Solusi yang digunakan hendaknya menyesuaikan dengan kondisi kebisingan yang terjadi.

  • Buatlah penghalang

Diantara tips agar rumah terhindar dari kebisingan yaitu dengan membuat penghalang pada sekililing rumah. Penghalang yang dimaksud disini yaitu berbentuk pagar untuk rumah. Hendaknya, pagar rumah yang akan dibangun berbentuk tertutup dan juga tinggi. Pembuatan pagar yang berrongga akan menjadi percuma karena masih memungkinkan suara masuk. Material yang digunakan juga harus bersifat isolator seperti semen.

  • Tanam tumbuhan

Langkah kedua dalam mengurangi kebisingan dalam rumah yaitu dengan menanam tumbuhan di sekitar area pagar. Pohon merupakan cara alternatif untuk mengurai kebisingan dari kendaraan. Hal ini sudah diterapkan sejak dulu pada sepanjang jalan. Pohon yang ditanam sepanjang jalan tidak hanya berguna untuk menyerap karbondioksida, namun juga meredam suara. Pilihlah pohon yang sekiranya rindang seperti pinus atau jambu.

  • Tutup ventilasi

Sirkulasi yang baik tentunya dibutuhkan dalam rumah agar udara dapat berganti dengan baik. Selain akan membuat penghuni rumah mendapatkan udara segar, ventilasi ternyata dapat mencegah timbulnya jamur. Sayangnya, ventilasi terkadang dapat menjadi perantara kebisingan masuk hingga ke dalam rumah. Untuk mengurangi kebisingan, tutup ventilasi rumah secara bergantian. Hal ini diperlukan agar udara dalam rumah tetap mengalir.

  • Tinggi bangunan

Rumah yang pendek ternyata berpengaruh pada tingkat kebisingan yang dihasilkan. Akan lebih baik jika bangunan rumah dibuat setinggi mungkin. Selain dapat meredam kebisingan, bangunan yang tinggi dapat menjaga udara dalam rumah tetap stabil. Rumah yang menghadap jalan raya pastinya memiliki kemungkinan terkena suara bising. Namun tips agar rumah terhindar dari kebisingan tidak akan berlaku jika posisi bangunan berada tepat di samping jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *