Pertimbangan Sebelum Membuat Rumah Kayu

Pertimbangan Sebelum Membuat Rumah KayuUntuk membuat sebuah rumah kayu yang ideal, ada begitu banyak pertimbangan yang harus diambil. Terutama mengenai lokasi rumah yang akan dibangun. Mempunyai rumah kayu memang dapat menghadirkan sensasi tersendiri. Secara otomatis, kesan alami dan unik akan terpancar dari rumah tersebut. Namun pembuatan rumah kayu tersebut hendaknya dibarengi dengan teori kontruksi yang benar. Maka jangan heran jika ada banyak pertimbangan sebelum membuat rumah kayu.

Pada daerah Indonesia yang beriklim tropis, membuat rumah dengan bahan kayu sebenarnya tidak terlalu tepat. Hal ini disebabkan kondisi tropis dapat memberikan efek buruk terhadap kayu yang digunakan. Cuaca tropis dapat menyebabkan kayu menjadi lapuk, belum lagi jika ditambah dengan berbagai hewan kecil pengganggu. Kendala seperti ini sebenarnya dapat disikapi dengan kontruksi yang benar, pemilihan jenis kayu yang tepat dan tentunya perawatan yang memadai.

Pertimbangan sebelum membuat rumah kayu

Sebelum benar-benar memulai pembuatan rumah kayu, akan lebih baik jika sedikit belajar tentang jenis rumah yang tepat pada kondisi tropis. Dengan begitu, material yang digunakan pastinya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Yang juga patut dipertimbangkan yaitu ketersediaan sumber daya manusia sebagai yang mempunyai tanggung jawab dalam proses kontruksi rumah tersebut. Inilah beberapa pertimbangan sebelum membuat rumah kayu.

  • Lokasi rumah

Seperti yang sudah disebut, membuat rumah kayu khususnya di negara tropis membutuhkan lebih banyak perhatian. Pemilihan lokasi rumah akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan rumah kayu. Sebagai gambaran, pada lokasi yang mempunyai suhu dingin relatif tinggi, rumah kayu akan cepat lapuk karena sifat kayu yang menyerap air. Sedangkan pada daerah panas, kayu biasanya menjadi sarang bagi hewan kecil seperti semut dan rayap.

  • Jenis kayu

Pemilihan jenis kayu yang tepat harus menjadi perhatian utama. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Indonesia mempunyai perbedaan cuaca tersendiri. Karenanya, pemilihan jenis kayu harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat akan dibangunnya rumah kayu. Kualitas kayu jelas akan berpengaruh pada desain rumah tersebut. Dalam memilih jenis kayu hendaknya disesuaikan dengan fungsi rumah. Jenis kayu paling banyak digunakan yaitu kayu jati.

  • Perawatan kayu

Untuk menjaga ketahanan rumah, kayu hendaknya diberi perawatan yang memadai. Rumah yang terbuat dari semen pastinya akan lebih kuat sehingga perawatan tidak perlu intensif. Sedangkan perawatan untuk rumah harus dilakukan secara intensif. Keadaan ini diperlukan supaya rumah kayu benar-benar terlindungi dengan benar. Diantara proses perawatan kayu yaitu meliputi pemanasan, pelapisan dan pengecatan.

  • Desain rumah

Dalam hal kontruksi rumah, desain rumah memegang peranan penting karena dapat menentukan bahan dan jenis material yang akan digunakan. Dan tentu saja, diantara pertimbangan sebelum membuat rumah kayu, desain rumah harus dibuat sedetail mungkin. Dengan perencanaan yang mendetail, jumlah kebutuhan kayu dari sketsa yang sudah dibuat. Sehingga pada proses kontruksi tidak akan terganggu dengan kendala apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *