Memilih Jenis Furniture yang Tepat Untuk Anak

Memilih Jenis Furniture yang Tepat Untuk AnakTernyata tidak semua orang tua dapat memilih jenis furniture yang tepat untuk anak, apalagi kamar tidur untuk anak. Orang tua biasanya lebih mempertimbangkan banyaknya ruang penyimpanan dan desainnya. Padahal jika mau jujur, seorang anak pasti tidak akan memikirkan hingga seperti itu. Yang diinginkan anak-anak biasanya lebih kepada menyerupai arena permainan dan ukuran yang sesuai. Maka dari itu, agar tercipta kesepahaman, akan lebih baik jika anak dimintai pertimbangan.

Furniture untuk anak jelas sekali berbeda furniture untuk orang dewasa. Dilihat dari segi ukurannya sudah beda, belum lagi menyangkut fungsinya. Sifat alami seorang anak pastinya hanya bermain, dan membuat apapun jadi permainannya. Alangkah jika kondisi ini disadari oleh orang tua sehingga dapat memilih furniture sesuai. Pemilihan furniture yang pas tidak hanya akan membuat anak senang, tapi akan lebih dapat mengembangkan kemampuan otaknya karena merasa nyaman.

Tips memilih jenis furniture yang tepat untuk anak

Furniture anak tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mempermudah kinerja anak, tapi juga merupakan bagian dari interior rumah yang dapat mempercantik rumah. Pemberian furniture yang tidak sesuai dapat menyebabkan bahaya pada anak. Misalnya, furniture yang tinggi membuat anak harus menggunakan alat bantu untuk mengambil sesuatu. Keadaan seperti ini tentunya membahayakan jika jatuh. Berikut tips memilih furniture anak.

  • Ukuran

Dalam memilih jenis furniture yang tepat untuk anak, ukuran harus menjadi pertimbangan nomor satu. Sudah disebutkan dalam contoh di atas, ukuran yang tidak sesuai dapat menimbulkan bahaya untuk anak. Selain resiko bahaya, ukuran yang terlalu tinggi juga dapat menghambat dalam melakukan sesuatu, misalnya karena jaraknya terlalu tinggi. Namun sebaiknya jangan terlalu pendek juga, karena dapat dipanjat oleh anak.

  • Kelengkapan

Setiap jenis furniture tentunya memiliki kelengkapan masing-masing. Meja belajar misalnya, seorang anak lebih cenderung ingin dipermudah sehingga tidak membutuhkan kotak penyimpanan terlalu banyak. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan orang dewasa yang lebih membutuhkan banyak kotak penyimpanan untuk tiap jenis dokumennya. Pilihlah furniture yang biasa saja sekiranya anak dapat melakukan dengan mudah.

  • Bahan

Anak kecil pasti susah dikendalikan jika sudah bermain. Berkaitan dengan furniture dan permainan, seorang anak pastinya akan memperlakukan furniture tersebut layaknya arena bermain. Yang pasti, furniture tersebut akan menjadi cepat rusak jika bahan yang digunakan berkualitas rendah. Sebaliknya, dengan menggunakan furniture berkualitas, otomatis akan lebih tahan lama. Untuk anak kecil, gunakanlah furniture yang berbahan dasar kayu.

  • Desain

Sudah sangat lazim jika permintaan anak kecil selalu berhubungan dengan permainan. Begitu juga dalam memilih furniture anak. Furniture dengan desain wahana permainan tentunya lebih disukai ketimbang furniture biasa. Usahakan dalam memilih jenis furniture untuk anak harus benar-benar teliti. Periksan setiap bagian dari furniture tersebut dengan teliti apakah ada sesuatu yang dapat menggangu anak, misalnya sudut furniture yang lancip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *