Menerapkan Furniture Rumah Ramah Lingkungan

Menerapkan Furniture Rumah Ramah LingkunganSemakin banyaknya sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga membuat beberapa orang mulai berpikir untuk menggunakan furniture ramah lingkungan. Sayangnya, tidak banyak informasi yang tersedia tentang furniture rumah ramah lingkungan. Misalnya terkait dengan kualitas, harga, bahan, dan daya tahan dari furniture tersebut. Selain itu, dalam menerapkan furniture rumah ramah lingkungan juga harus disesuaikan dengan konsep hunian.

Dari kaca mata lingkungan, pemanfaatan furniture hijau dapat membantu keadaan lingkungan yang memadai. Namun diantara kekurangan dari furniture ramah lingkungan yaitu tidak menyatu dengan desain rumah, meskipun hal ini sekaligus dapat menjadi keunggulan tersendiri karena keunikannya. Furniture ramah lingkungan tidak harus terbuat dari bahan daur ulang, biasanya bahan yang digunakan lebih organik sehingga dapat diurai oleh lingkungan. Meski demikian, sudah banyak produsen yang beralih menggunakan bahan limbah.

Menerapkan furniture rumah ramah lingkungan dengan bahan alami

Pada dasarnya, ada dua prinsip dalam menerapkan furmiture yang rama lingkungan. Cara pertama yaitu dengan menggunakan bahan alami, dan yang lain yaitu dengan mendaur ulang. Dengan semakin meningkatnya limbah sampah, banyak produsen sekarang ini memakai bahan alami sepenuhnya dalam membuat furniture. Sehingga jika nanti sudah tidak digunakan lagi, sampah furniture akan cepat terurai oleh alam. Hasilnya, sampah furniture menjadi berkurang dengan signifikan.

Masalah umum pada furniture ramah lingkungan yaitu harganya yang dinilai mahal. Keadaan seperti ini sebenarnya sangat wajar mengingat ketersediaan bahan baku yang mulai menipis. Furniture meja yang terbuat dari kayu jati misalnya, dapat dipastikan harganya akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini sudah sangat jelas akibat material kayu jati yang sudah mulai langka. Namun tentu saja, penerapan furniture ramah lingkungan jelas dapat meningkatkan nilai artistik suatu rumah.

Menerapkan furniture rumah ramah lingkungan dengan bahan daur ulang

Furniture lain yang juga ramah terhadap lingkungan yaitu terbuat dari bahan daur ulang. Furniture jenis ini dianggap lebih bersahabat terhadap ilngkungan karena bermanfaat dalam mengurangi limbah sampah. Sebagai contoh, daripada mempunyai drum bekas yang tidak terpakai, akan lebih baik jika drum bekas tersebut dimanfaatkan untuk membuat kursi atau lemari. Dengan begitu tidak ada sampah di rumah yang dapat mengganggu pemandangan.

Contoh lain dari furniture ramah lingkungan yang terbuat dari limbah bekas yaitu meja atau kursi yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Memang akan membutuhkan waktu dan daya kreatif tinggi untuk membuat furniture dari bahan tersebut. Namun hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Saat ini sudah banyak furniture yang terbuat dari bekas kayu kapal, gudang, lumbung, dan lainnya. Bahan seperti ini tentu saja dapat meningkatkan citra rumah karena kayu tersebut biasanya mempunyai corak tersendiri yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *