Bagaimana Supaya Furniture Selalu Terlihat Baru

Bagaimana Supaya Furniture Selalu Terlihat BaruDiantara masalah yang dapat membuat furniture terlihat seperti barang lama yaitu kotor. Kondisi furniture yang terlihat kotor jelas dapat menurunkan kualitas furniture tersebut. Agar penampakan furniture tetap terjaga, perawatan adalah hal yang harus selalu dilakukan. Secara sederhana, pembersihan merupakan cara bagaimana supaya furniture selalu terlihat baru. Jika kotoran hanya berupa debu, pastinya perawatan tidak terlalu repot.

Furniture yang terlihat kusam pastinya membuat tidak nyaman ketika menggunakannya. Terlebih jika ada tamu yang datang berkunjung. Akan lebih menjengkelkan jika ternyata kotoran tersebut berupa noda, pastinya perawatan yang diberikan harus lebih ekstra. Pembersihan secara biasa tentunya tidak bisa menghilangkan noda tersebut. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, furniture pastinya akan selalu terlihat baru meskipun itu furniture lama.

Bagaimana supaya furniture selalu terlihat baru

Melihat furniture lama yang kusam sebaiknya jangan langsung memutuskan untuk menggantinya. Belum tentu furniture lama tersebut rusak permukaannya. Bisa jadi keadaan tersebut hanya karena ada kotoran yang menutupi permukaan furniture. Jika dirunut lebih jauh, kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena perawatan yang kurang, terutama dari penghuni rumah. Apalagi jika kejadian ini menimpa pada sofa andalan dalam rumah, sebaiknya lakukan hal ini agar furniture selalu terlihat baru.

  • Perawatan sederhana

Diantara cara bagaimana supaya furniture selalu terlihat baru yaitu dengan memberikan perawatan secara sederhana namun rutin. Dengan menggunakan lap kain yang sudah dibasahi sebenarnya sudah cukup, dengan catatan konsisten dilakukan. Perawatan dengan menyiramkan air secara langsung tidak dianjurkan, meskipun pada furniture kayu sekalipun. Pada sofa berbahan kain, resapan air dapat memicu jamur. Pada kayu bisa berakibat pelapukan.

  • Menghilangkan noda

Karena tidak hati-hati, furniture berupa kursi terkadang terkena tumpahan minuman atau apapun. Kondisi seperti ini pastinya akan lebih sulit untuk dibersihkan daripada hanya noda biasa. Sebenarnya ada pembersih khusu untuk menghilangkan hal ini, seperti wax. Namun ada yang lebih sederhana dengan memanfaatkan cuka. Untuk menggunakan cuka, cukup semprotkan pada bagian noda. Setelah lima menit gosok dengan sikat yang lembut.

  • Lokasi furniture

Diantara hal yang belum banyak diketahu orang yaitu pengaruh pencahayaan terhadap tampilan furniture. Jenis furniture kayu akan lebih rentan terhadap sorotan cahaya secara langsung dibanding jenis furniture dari bahan lain. Sebaiknya, lokasi penempatan furniture terhindar dari sinar terang, baik itu matahari maupun lampu. Cahaya dapat memberi efek kusam pada furniture kayu. Lokasi hendaknya terhindar dari lembab demi furniture kayu supaya mengkilap.

  • Hindari barang bersuhu

Secara logika, furniture seperti meja memang digunakan untuk menaruh barang apapun, termasuk barang yang bersuhu. Baik suhu dingin maupun suhu panas dapat mempengaruhi ketahanan dari furniture tersebut. Paparan suhu secara langsung dapat merapuhkan permukaan furniture. Untuk menghindari hal ini, gunakan alas atau tatakan. Cara ini merupakan langkah efektif bagaimana supaya furniture selalu terlihat baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *