Cara Mudah Memiliki Hunian Tanpa Masalah

Memiliki hunian tanpa masalahDalam mewujudkan keinginan untuk memiliki hunian, ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan supaya bebas masalah di kemudian hari. Terlebih jika hunian ini adalah yang pertama dan akan ditinggali seumur hidup. Diperlukan langkah antisipatif yang bersifat strategis, misalnya dalam mengecek kelengkapan dokumen, juga bagaimana kualitas dan mutu perumahan tersebut.

Selain melakukan pengecekan dari segi kelengkapan administrasi, secara kontruksi bangunan hunian juga harus dicek. Ini sangat diperlukan sebagai langkah antisipasi jika ada kerusakan pada bagian hunian tertentu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jejak rekam pengembang dan bank yang akan digunakan sebagai KPR. Semua hal tersebut perlu dipertimbangkan demi menciptakan hunian tanpa masalah.

Beberapa pertimbangan agar hunian tanpa masalah.

  1. Memilih notaris

Pemilihan notaris merupakan langkah awal dalam membeli rumah hunian. Gunakan notaris yang terpercaya dan mempunyai kompetensi dalam melakukan jual beli rumah. Cari informasi sebanyak mungkin tentang hal ini, jangan sampai terjebak dengan iklan dipinggir jalan.

  1. Periksa struktur bangunan

Dalam hal ini, periksa struktur beserta kontruksi bangunan hunian tersebut. Cobalah untuk bertanya kepada pengembang bagaimana kontruksi bangunan, saluran air, ventilasi, dan lainnya. Jika masih ragu, tanyakan pada tetangga sekitar yang sudah lebih dulu disitu.

  1. Cek kelengkapan dokumen

Sudah banyak kasus yang terjadi akibat kelalaian dalam kelengkapan dokumen. Pastikan untuk memeriksa setiap dokumen yang diberikan pihak pengembang mulai dari PBB, IMB, SHM, dan lainnya. Cek keaslian dokumen tersebut melalui notaris yang telah ditunjuk.

  1. Cek keadaan lingkungan

Beberapa pemilik hunian kadang merasa kecewa setelah mengetahui keadaan lingkungan ternyata tidak mendukung. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu keadaan lingkungan tersebut. Jika perlu, tanyakan pada orang-orang sekitar tempat hunian.

  1. Pertimbangkan jarak

Jarak juga harus menjadi pertimbangan penting dalam memilih hunian, seperti jarak ke tempat kerja, akses ke kota, jarak ke jasa laundry, dan lain-lain. Semua hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang dan jangan ragu-ragu untuk mengambil keputusan.

  1. Gunakan asuransi

Setelah pemeriksaan dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah membeli rumah tersebut. Setelah semua terealisasi, terakhir adalah mengasuransikan hunian tersebut. Ada berbagai layanan asuransi yang bisa digunakan, pilihlah satu yang cocok dengan kondisi hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *