Cara Cepat Menghilangkan Bau Cat Dari Dinding

Mengatasi bau cat dindingSalah satu cara menciptakan ruangan terasa luas adalah dengan merubah warna cat pada dinding. Setelah melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah, ruangan biasanya akan dipenuhi dengan bau menyengat yang keluar dari cat. Hal ini sering ditemui pada cat dengan kualitas rendah. Pada beberapa kondisi, bau cat bisa mengganggu pernafasan orang-orang yang ada di ruangan tersebut, bahkan menyebabkan kepala pusing sehingga harus cepat ditangani.

Secara alami, bau cat akan hilang dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang terbilang lama, tiga hari. Dengan durasi yang dinilai lama, kondisi seperti ini dapat mengganggu segala aktifitas dalam ruangan tersebut. Oleh karenanya, diperlukan cara cepat untuk menghilangkan bau cat dari dinding agar ruangan dapat berfungsi secara maksimal. Beberapa bahan alami dan terjangkau dapat digunakan untuk menghilangkan bau cat dengan mudah.

  1. Bawang merah

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang merah ternyata juga menyimpan khasiat lain dalam menghilangkan bau. Ya, bawang merah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau menyengat. Caranya pun mudah, iris bawang merah dan taruh ke dalam mangkuk lalu tambahkan air secukupnya. Taruh mangkuk tersebut tepat ditengah ruangan dan diamkan semalam, dijamin pada esok hari bau cat akan menghilang.

  1. Arang kayu

Penggunaan arang lebih banyak dimanfaatkan untuk memanggang. Siapa sangka ternyata arang kayu dapat dimanfaatkan juga untuk menghilangkan aneka bau-bauan. Caranya pun mudah, cukup letakkan arang pada tengah ruangan dan biarkan hingga semalam. Selain itu, arang juga dipercaya dapat menyerap berbagai zat kimia berbahaya yang dihasilkan dari cat tembok.

  1. Bubuk vanili

Bahan ini sudah dikenal dari dulu mempunyai bau yang harum dan semerbak. Oleh karenanya, penggunaan bubuk vanili secara perlahan akan menggantikan bau cat dengan bau harum. Untuk menggunakan bubuk vanili, campurkan dua sendok bubuk vanili dengan seember air. Taruh ember pada ruangan yang baru dicat kurang lebih hingga semalam.

  1. Kopi

Sudah banyak diketahui bahwa kopi dapat menetralkan segala jenis bau. Kopi umumnya banyak digunakan di sejumlah toko penjual parfum. Selain menyegarkan saat dibuat minuman, kopi juga dapat menyegarkan bau ruangan. Gunakan kopi dengan cara menaruhnya pada ruangan tersebut pada sebuah wadah terbuka, bisa piring, gelas dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *