Mencari Tempat Tinggal Saat Kuliah atau Kerja, Baca Ini!

Asrama, kos-kosan, kontrakan, apartemenHal pertama saat akan kuliah atau kerja luar kota adalah mencari tempat tinggal. Berbagai jenis tempat tinggal dapat menjadi pilihan untuk mendukung proses perkuliahan atau pekerjaan. Memilih tempat tinggal tentunya harus melalui pertimbangan yang matang seperti jarak antara hunian dengan kampus atau tempat kerja. Selain itu, kenyamanan saat menghuni tempat tinggal juga bisa menjadi pertimbangan.

Selain dari faktor kenyamanan, faktor lain yang juga harus dipertimbangkan adalah harga sewa. Bagi pekerja, harga sewa tempat tinggal tidak menjadi persoalan. Namun bagi para mahasiswa, harga sewa bisa menjadi bahan pertimbangan utama dalam memilih tempat tinggal. Bahkan, tidak peduli seberapa buruk tempat tinggal tersebut atau seberapa jauh jarak dengan kampus, bisa jadi tempat tinggal tersebut tetap akan menjadi pilihan.

Asrama

Pada perusahaan dengan skala besar, para karyawan biasanya sudah diberikan fasilitas tempat tinggal berupa asrama. Tidak jauh beda dengan kampus besar, mahasiswa dari daerah-daerah tertentu umumnya juga mempunyai fasilitas asrama untuk para akademisinya. Keuntungan utama dari asrama adalah jaraknya yang dekat dengan tempat kerja atau kampus. Selain dari segi jarak, beberapa asrama juga menyediakan berbagai fasilitas seperti laundry, minimarket, internet, dan lainnya. Kekurangannya, beberapa aturan yang diterapkan dinilai terlalu ketat.

Kos-kosan

Baik para pekerja maupun mahasiswa, kos-kosan menjadi pilihan yang paling banyak digunakan. Kos-kosan dapat menjadi pilihan yang logis. Selain berbagai tipe kos yang disediakan, fasilitas yang diberikan juga beragam. Memilih tempat tinggal berupa kos-kosan tergantung dengan kemampuan finansial masing-masing. Bagi pekerja dengan penghasilan lumayan besar atau mahasiswa dengan tingkat ekonomi tinggi, kos ekslusif dapat dijadikan pilihan. Pada kos ekslusif, berbagai fasilitas biasanya sudah disediakan dari pihak pengelola seperti TV, kulkas, AC, bahkan layanan telepon dan internet. Cobalah untuk melakukan negoisasi terlebih dahulu tentang biaya bulanan.

Kontrakan

Selain kos-kosan, rumah kontrakan dapat menjadi pilihan alternatif baik untuk pekerja maupun mahasiswa. Jika pada kos-kosan biasanya masih terikat dengan aturan tertentu, hal ini tidak berlaku pada rumah kontrakan. Pada kontrakan, pengelolaan tempat tinggal biasanya sepenuhnya dilakukan oleh pihak penyewa. Bagi para mahasiswa atau pekerja, menyewa rumah kontrakan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan cara berpatungan. Hidup pada rumah kontrakan membutuhkan komitmen bersama demi menjaga penghuni kontrakan tetap harmonis.

Apartemen

Tempat tinggal seperti apartemen biasanya digunakan oleh para eksekutif muda atau para mahasiswa dari lingkungan sosial kelas atas. Secara nominal, harga sewa apartemen tidak murah bahkan bisa berkali-kali lipat dari harga sewa rumah kontrakan. Prosesnya juga sedikit rumit, dikarenakan semua kewajiban dan hak penyewa apartemen harus dibahas secara detail. Hal ini memang wajar mengingat berbagai fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola layaknya hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *