Mengenal Jenis Istilah Rumah Yang Umum di Indonesia

Perbedaan jenis rumah di IndonesiaSebenarnya belum ada aturan resmi tentang penyebutan resmi tentang tipe rumah yang paling umum digunakan di Indonesia. Namun ada banyak aturan tidak tertulis yang sudah disepakati oleh banyak pengembang tentang penggunaan istilah umum untuk membedakan tiap tipe rumah. Meski demikian, kesepakatan yang tidak tertulis ini dapat mengurangi tingkat kesalah-pahaman yang terjadi, terutama untuk orang yang akan membeli rumah.

Tidak ada definisi yang pasti tentang pembagian kategori untuk jenis rumah tertentu, dan tiap pengembang mempunyai metodenya tersendiri. Ada yang mendasarkan pada luas lahan yang dipakai, tipe bangunan vertikal atau horizontal, bentuk bangunan, dan berbagai keadaan lainnya. Semakin kecil hunian yang dibangun justru semakin mempercepat peluang agar rumah cepat laku terjual. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebelum membeli tidak segan untuk menanyakan segala sesuatu tentang rumah tersebut. Berikut adalah istilah umum yang digunakan di Indonesia.

  1. Indekos

Merupakan jenis hunian yang disewakan, biasanya hanya mempunyai luas sekitar 3×3 meter, namun terkadang bisa lebih. Hunian model indekos biasanya lebih banyak digunakan oleh para mahasiswa atau pelajar. Namun sekarang ini, indekos juga ditujukan untuk para pekerja.

  1. Ruko

Merupakan kependekan dari rumah dan toko. Bangunan model seperti ini biasanya mempunyai bentuk yang sama. Pada bagian bawah biasanya berupa tempat yang digunakan untuk toko, sedangkan pada bagian atas difungsikan untuk rumah tinggal bagi keluarga.

  1. Rumah susun

Rusun adalah hunian yang menawarkan harga terjangkau. Rumah susun biasanya berbentuk seperti gedung bertingkat, namun di dalamnya terdapat rumah-rumah minimalis. Rusun merupakan hunian yang difungsikan untuk mengatur tata kelola di kota-kota besar.

  1. Perumahan

Berbeda dengan rumah susun, perumahan merupakan bangunan hunian yang berderet. Perumahan mempunyai banyak tipe beserta fasilitas yang ditawarkan. Harga tiap unit dalam satu perumahan juga lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah susun.

  1. Kondotel

Kondominium hotel atau yang biasa disebut dengan kondotel adalah hunian apartemen namun dengan pelayanan dan fasilitas seperti hotel. Kondotel umumnya hanya terdapat pada kota-kota besar dan biasanya dimiliki oleh kalangan atas saja. Hunian ini bisa juga disewakan seperti hotel.

  1. Apartemen

Apartemen merupakan blok hunian bertingkat yang mempunyai berbagai ruangan layaknya rumah. Kebanyakan apartemen berada pada daerah perkotaan yang dekat dengan pusat kota. Pada hunian apartemen juga dilengkapi dengan berbagai falisitas mirip dengan kondotel.

  1. Cluster

Meskipun termasuk dalam jenis perumahan, namun hunian jenis cluster mempunyai ciri tersendiri. Dalam suatu perumahan biasanya terdapat deretan rumah, dan tiap rumah tersebut diberi pagar pembatas sebagai batas wilayah, dan inilah yang disebut dengan perumahan cluster.

  1. Town house

Hampir sama dengan pengertian perumahan jenis cluster, namun perumahan jenis town house tidak mempunyai pagar di dalamnya. Ciri umum lain dari town house adalah bentuk bangunan rumah sama dalam satu komplek perumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *