Mengetahui Fungsi Taman Untuk Rumah Hunian

Taman minimalis pada rumahTaman dapat menjadi arena relaksasi bagi penghuni rumah. Fasilitas seperti taman sebenarnya dapat diciptakan dalam rumah dengan berbagai kondisi, bahkan pada lahan yang sempit sekalipun. Pada area perkotaan, taman menjadi sangat penting keberadaannya. Selain menjadi tempat relaksasi, taman juga berperan dalam menjernihkan udara karena keberadaan tanamannya. Taman juga dapat bermanfaat sebagai area bermain untuk anak-anak dan keluarga. Berbagai macam tanaman dapat ditanam, dan ada tanaman rumah yang dipercaya membawa keberuntungan yang juga dapat ditanam.

Begitu banyaknya fungsi taman hingga keberadaannya memang sangat diperlukan. Berbagai ide dan kreasi tentang taman muncul seiring terbatasnya lahan kosong. Pada area perkotaan dengan lahan yang terbatas, pembuatan taman dapat dilakukan dengan cara membuat taman vertikal. Cara lain adalah dengan membuat taman mini, baik itu dalam rumah maupun di luar rumah. Agar tidak keliru, inilah fungsi penting dari taman untuk rumah hunian.

  • Pengisi ruang

Meski keberadaannya di luar rumah, namun taman dapat berperan sebagai pengisi ruang. Masih banyak orang yang belum tahu tentang fungsi taman yang sebenarnya, sehingga lebih memilih membiarkan tanahnya kosong tanpa apa-apa. Ruang yang dibiarkan kosong justru akan memicu pemilik rumah menjadikan semacam tempat sampah.

  • Penyeimbang hunian

Kebanyakan rumah sekarang dibangun dengan menggunakan bahan permanen seperti batu dan semen. Keadaan rumah yang seperti ini dipandang tidak seimbang dan tidak hidup karena kurangnya nuansa hijau pada area rumah. Keberadaan taman akan menghilangkan stigma seperti ini. Buatlah taman mini dalam rumah meskipun itu hanya dari beberapa pot saja.

  • Menjernihkan udara

Tumbuhan merupakan alat penjernih udara yang paling efektif. Selain dikenal sebagai pembuat oksigen, berbagai zat polutan berbahaya dapat diserap dan dinetralkan oleh tanaman. Begitu banyak kegunaan tamanan jika dipandang dari segi kesehatan. Secara tidak langsung tanaman juga akan berperan dalam sirkulasi udara dengan menyerap karbon dan mengeluarkan oksigen.

  • Area relaksasi

Dipandang dari sisi psikologis, taman mempunyai fungsi sebagai tempat relaksasi atau rekreasi sederhana. Pada hari setelah lelah kerja, tubuh akan kembali disegarkan dengan pemandangan warna warni dari taman. Dengan begitu, rasa stress dapat berkurang dengan sendirinya. Selain itu, taman juga dapat berfungsi sebagai wadah berkumpul penghuni rumah.

  • Penyalur hobi

Bagi seorang ibu rumah tangga yang mempunyai hobi memelihara bunga, taman dapat menjadi solusi tepat. Jika pun tidak difungsikan sebagai hobi, memelihara taman dapat dimaksudkan untuk mengisi waktu dan kegiatan. Merawat taman dapat menghilangkan berbagai masalah meskipun untuk sementara. Jadi, mulailah untuk merencakan membuat taman pada rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *