Konsep Hunian Modern Untuk Rumah Tropis

Konsep rumah tropis modernRumah modern kerap dikaitkan dengan bentuk rumah yang minimalis. Kesan modern suatu rumah dapat ditampilkan melalui desain rumah yang sederhana namun futuristik. Penggunaan berbagai furniture modern dan minimalis menjadi ciri khusus untuk menampilkan kesan modern dari sebuah hunian.  Selain dari bentuk bangunan yang terkesan persegi atau kotak-kotak, material yang digunakan umumnya juga sudah maju.

Tidak hanya dari bangunan rumahnya, dalam menciptakan hunian modern peralatan yang digunakan juga sudah modern. Meskipun masih digerakkan secara manual, namun pada prakteknya peralatan tersebut beberapa sudah di-digitalisasi. Tentunya semua desain tersebut harus disesuaikan dengan iklim tropis. Salah satu ciri utama dari rumah tropis adalah penggunaan teras rumah yang cukup luas dan beratap dengan kemiringan tertentu. Penggunaan teras dimaksudkan untuk ruang terbuka pada rumah minimalis pun. Agar lebih jelas, berikut beberapa hal yang ada pada hunian modern.

  • Dinding

Material dinding dari batu bata merupakan ciri utama dari sebuah bangunan tropis modern. Meskipun ada bahan lain yang dianggap mempunyai kualitas setara, namun batu bata dinilai lebih ekonomis. Selain dari pertimbangan harga, nilai estetik dan budaya menjadi pertimbangan lain dalam pemilihan batu bata sebagai bahan utama. Agar lebih mengeluarkan kesan modern tropis, warna tembok yang digunakan biasanya lebih cerah seperti biru muda.

  • Jendela

Ciri lain dari rumah tropis adalah jendela besar dengan bentuk persegi. Penggunaan jendela model seperti ini dimaksudkan agar cahaya matahari dapat masuk dalam rumah. Penambahan aksen berupa teralis atau hiasan lain akan semakin menambah kesan modern pada rumah. Jendela biasanya terbuat dari bahan kayu daripada bahan lain seperti besi dan vinil. Tambahan lain berupa penerapan kelambu pada tiap jendela umumnya berwarna putih.

  • Lantai

Pada saat sekarang ini, lantai pada rumah tropis dapat terbuat dari apa saja. Namun umumnya lantai hunian dengan konsep tropis modern dapat dilihat dari pemakaian kayu sebagai lantai. Selain dari kayu, bahan lain yang sering digunakan untuk membuat lantai adalah bambu atau parket. Jika ingin menggunakan karpet, pilihlah karpet yang terbuat dari serat alami. Penggunaan karpet dengan model seperti ini akan semakin menegaskan konsep rumah tropis.

  • Dekorasi

Konsep hunian tropis modern yang lain yaitu menggunakan ornamen berupa hiasan lukisan. Diantara tema lukisan yang cocok yaitu tema pemandangan. Motif lain yang dapat digunakan yaitu bunga, dedaunan, atau lukisan lain yang menggambarkan alam. Selain lukisan, ornamen lain yang bisa ditambahkan adalah objek laut seperti kerang, vas berukuran besar, atau dapat juga hiasan lain yang masih berhubungan dengan suasana alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *