Desain Eksterior Rumah Dengan Gazebo

Desain rumah dengan gazeboMeskipun lokasinya berada di luar rumah, namun keberadaan gazebo dapat meningkatkan nilai estetik keseluruhan dari sebuah hunian. Kurang lebih sama dengan fungsi taman untuk rumah hunian, gazebo juga dapat berfungsi untuk mengisi ruang kosong. Desain eksterior rumah dengan gazebo mampu meningkatkan nilai suatu rumah secara signifikan. Gazebo juga dapat berfungsi sebagai wadah berkumpul bagi semua penghuni rumah, apalagi jika disandingkan dengan taman.

Manfaat lain dari gazebo yaitu sebagai tempat menerima tamu, dengan catatan jika lokasinya berada di depan rumah. Sedangkan gazebo yang lokasinya berada di belakang rumah biasanya lebih berfungsi sebagai arena berkumpul keluarga ataupun tempat bermain bagi anak. Jika ingin menikmati makan bersama keluarga dengan konsep terbuka, gazebo dapat menjadi salah satu lokasi yang dapat dipilih. Begitu banyak fungsi yang ditawarkan oleh gazebo, maka tidak ada salahnya jika mencoba membuat.

Desain gazebo

Gazebo merupakan bagian terpisah dari rumah dan tidak menyatu dengan rumah. Seiring tingkat kreatifitas yang semakin berkembang, lokasi penempatan gazebo bisa di mana saja, termasuk dalam rumah. Keadaan ini murni dipengaruhi oleh kreatifitas dan keinginan pemilik hunian rumah. Namun kebanyakan lokasi gazebo ada di depan dan belakang rumah. Pemilihan lokasi gazebo pastinya dengan mempertimbangkan fungsi-fungsi tertentu yang bisa didapat.

Sekarang ini desain gazebo sangat variatif. Umumnya gazebo berbentuk kotak persegi, meskipun sudah banyak gazebo yang mengadopsi bentuk bulat. Pada beberapa kreasi gazebo ada yang disusun secara bertingkat, namun maksimal hanya terdiri dari dua tingkatan. Ini dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat gazebo mempunyai batas ketahanan tertentu. Berbeda dengan bahan permanen yang biasa digunakan untuk membuat rumah yang memiliki ketahanan lebih.

Bahan gazebo

Pada zaman dahulu, pembuatan gazebo hanya terbatas dengan menggunakan bambu. Teori kontruksi yang belum maju ditambah dengan ketersediaan bambu yang melimpah membuat bahan ini menjadi bahan dasar dalam membuat gazebo. Selain dari ketersediaan bahan baku yang melimpah, bambu dianggap mudah untuk dikreasikan. Dilihat dari sisi harga, bambu masih lebih murah jika dibandingkan dengan bahan lain.

Bahan lain yang sering digunakan untuk membuat gazebo adalah kayu. Sekarang ini kayu lebih banyak diminati untuk membuat gazebo karena kekuatannya dan daya tahan yang lama dibandingkan bambu. Meskipun jika dilihat dari segi harga lebih mahal, namun kayu dinilai lebih kuat dan kokoh. Namun jika dilihat dari nilai budaya, penggunaan bambu dalam membuat gazebo dapat merepresentasikan kekayaan alam Indonesia. Umur masa pakai yang lebih pendek tidak serta merta menurunkan peminat bambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *