Percantik Genteng Rumah Dengan Cara Mudah

Mempercantik genteng rumahGenteng bisa menjadi salah satu penanda dari suatu rumah. Keberadaannya selalu terlihat dari kejauhan. Maka tidak heran jika banyak orang menunjuk jenis atau warna genteng sebagai ciri fisik rumah selain dari warna dinding rumah. Terkadang genteng juga dapat menandakan dari kualitas rumah tersebut. Lokasi genteng yang berada di bagian atas rumah sering kali diabaikan oleh pemilik rumah, padahal genteng juga membutuhkan perawatan layaknya bagian rumah lain. Hampir sama halnya dengan merawat granit dan marmer rumah, keduanya memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Meskipun tidak seperti bagian rumah lain yang membutuhkan perawatan secara terus menerus, sesekali waktu genteng juga harus tetap dirawat. Perawatan yang diberikan tidak harus sesering ruangan rumah. Tapi paling tidak, dalam jangka waktu lima tahun genteng harus dirawat paling tidak sekali. Perawatan yang diberikan paling tidak berupa pembersihan dan pengecatan ulang. Sedikit susah memang, namun tetap harus dilakukan agar genteng dapat terjaga keawetannya.

Bersihkan genteng

Untuk membersihkan genteng memang dibutuhkan usaha yang ekstra dan tidak mudah. Lokasinya yang berada di bagian paling atas rumah memberikan kesulitan tersendiri dalam membersihkannya. Akan lebih susah lagi jika rumah terdiri dari dua tingkat. Namun jika merasa ingin segera mendapatkan genteng baru, tidak ada salahnya jika sedikit mengeluarkan usaha. Ada beberapa alat yang dapat membantu membersihkan genteng rumah, misalnya dengan menggunakan selang air.

Namun jika aktifitas mempercantik genteng belum terlalu dibutuhkan, ada baiknya sambil menunggu hujan turun agar dapat menyapu kotoran dan debu yang menempel. Sebenarnya, pembersihan yang dilakukan tidak harus secara mendetail, cukup dengan disiram air tanpa perlu digosok. Pembersihan ini diperlukan agar cat yang akan diterapkan kemudian dapat menempel dengan kuat. Kendala utama biasanya berhubungan dengan timbulnya kerak pada permukaan genteng.

Gunakan cat khusus

Setelah proses pembersihan dilakukan, pastikan bahwa genteng sudah kering. Ketika genteng dirasa sudah cukup kering, maka langkah selanjutnya yaitu menimpa dengan cat. Karena posisi genteng yang langsung berhadapan dengan sinar matahari, maka jenis cat yang digunakan tidak bisa sembarangan. Paling tidak, cat yang digunakan merupakan jenis cat besi yang sudah terbukti ampuh. Lapisi genteng tersebut dengan cat dasaran. Perbandingan cat dan campuran juga harus sesuai. Hal ini diperlukan agar cat yang menempel tidak mudah luntur.

Agar menghasilkan lapisan cat yang sempurna, perbandingan yang dilakukan haruslah 70:30. Pastikan bahwa 30% campuran tersebut dapat tercampur dengan merata. Sebisa mungkin adukan campuran dilakukan dengan lembut agar tidak ada gelembung udara dalam cat. Setelah lapisan cat pertama selesai diterapkan, maka tunggu hingga benar-benar kering paling tidak selama satu jam. Ketika lapisan pertama sudah kering, maka lapisi cat lagi untuk yang kedua kalinya. Ketika lapisan kedua sudah diterapkan, tunggulah hingga kering dan genteng atap rumah akan berubah menjadi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *