Cara Membersihkan Kitchen Sink Dengan Benar

Cara Membersihkan Kitchen Sink Dengan BenarKeberadaan bak cuci piring atau kitchen sink menjadi penting saat ini. Dengan menerapkan kitchen sink, membersihkan berbagai peralatan dapur dapat dilakukan dengan mudah. Sayangnya, tidak semua penghuni rumah dapat menjaga keadaan kitchen sink tetap bersih. Meskipun cara membersihkan kitchen sink dengan benar tidak terlalu merepotkan. Kebersihan diperlukan guna menjaga westafel rumah tidak mampet dan bebas kotoran juga bakteri.

Membersihkan dengan detergen hanya akan menghilangkan kotoran saja. Padahal kitchen sink sangat beresiko terhadap perkembangan bakteri. Sisa kotoran yang terdapat pada kitchen sink dapat menimbulkan resiko kontaminasi jika tidak dibersihkan dengan benar. Imbasnya, bisa saja piring atau gelas yang dicuci justru terkontaminasi dengan bakteri. Jika sudah begini, penghuni rumah tersebutlah yang paling dirugikan.

Cara membersihkan kitchen sink dengan benar

Dengan membersihkan kitchen sink secara benar, paling tidak salah satu pemicu penyakit dapat dikurangi. Hanya saja, cara membersihkan kitchen sink harus dilakukan secara benar. Proses pembersihan kitchen sink yang tidak benar justru akan membuat rusak. Jenis pembersih yang digunakan juga harus sesuai dengan bahan dan kondisi dari kitchen sink tersebut. Pembersih untuk kitchen sink berbahan alumunium tentu saja berbeda dengan pembersih untuk bahan keramik.

  • Rendam air panas

Menggosok permukan kitchen sink dengan keras hanya akan merusak lapisan pelindungnya saja. Cara seperti ini tidak akan efektif dalam menghilangkan kotoran maupun bakteri. Cara membersihkan kitchen sink dengan benar yaitu dengan merendam menggunakan air panas terlebih dahulu. Sebelum dituang dengan air panas, lubang kitchen sink hendaknya ditutup dengan karet knob. Barulah air panas kemudian dituangkan sampai penuh.

  • Gunakan pemutih

Ketika air panas sudah dituang, langkah berikutnya yaitu dengan mencampurkan bahan pemutih pakaian. Akan terlihat aneh memang, namun pemberian pemberian pemutih dapat meluruhkan noda yang menempel. Aduk secara merata pemutih tersebut ke dalam air panas secara merata. Setelah itu, biarkan air rendaman tersebut dingin dengan sendirinya. Jika tidak menyukai bau pemutih, tambahkan air perasan jeruk untuk meredakan baunya.

  • Taburkan baking soda

Ketika air rendaman sudah dingin, buang airnya dengan membuka karet knob saluran pembuangan. Begitu air sudah menghilang, taburkan bubuk baking soda pada kitchen sink tapi jangan terlalu banyak. Setelah dirasa cukup, sikat secara pelan-pelan permukaan kitchen sink dengan sikat. Usahakan untuk menyikat seluruh bagian dengan teliti. Ketika penyikatan telah selesai dilakukan, bilas dengan air hingga bersih hingga benar-benar kering.

  • Gunakan pembersih kaca

Langkah terakhir sebagai cara membersihkan kitchen sink dengan  benar yaitu menggunakan pembersih kaca. Dengan catatan, kitchen sink yang digunakan berbahan stainless steel. Jika kitchen set berbahan keramik, maka gunakan pembersih lantai. Dalam menggunakan pembersih kaca, caranya kurang lebih sama dengan ketika membersihkan kaca. Pembersih kaca akan membantu kitchen sink tetap mengkilap sehingga akan terlihat berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *