Menciptakan Rumah Bebas Nyamuk Secara Alami

Menciptakan Rumah Bebas Nyamuk Secara AlamiMusim penghujan diidentikkan dengan perkembangan nyamuk secara masif. Padahal jika dilakukan perbandingan secara cermat, musim kemarau justru menjadi waktu nyamuk untuk berkembang. Banyak yang belum menyadari bahwa nyamuk sebenarnya mewabah pada musim kemarau. Hal ini sebenarnya bisa dibuktikan dengan mudah kenapa pada daerah dataran tinggi tidak terdapat nyamuk. Bagi yang tinggal di dataran rendah, ada cara menciptakan rumah bebas nyamuk secara alami.

Membuat hunian agar bebas nyamuk harus dilakukan secara rutin. Ini dikarenakan pertumbuhan nyamuk yang begitu cepat. Terlebih jika hidup di daerah rawa atau dekat dengan air, pastinya suara nyamuk menjadi hal biasa. Meskipun demikian, nyamuk sebaiknya dijauhkan dari rumah supaya tidak membawa wabah penyakit pada penghuni rumah. Apalagi jika pada lingkungan tersebut sudah pernah terjadi kasus malaria.

Cara menciptakan rumah bebas nyamuk secara alami

Untuk mengusir jauh nyamuk dari rumah, beberapa cara dapat dipakai. Mengusir nyamuk dengan secara alami lebih dianjurkan untuk diterapkan. Hal ini dikarenakan cara alami tidak tidak menghasilkan residu dan resiko bagi penghuni rumah. Beberapa cara tradisional juga masih dapat digunakan dan secara efektif dapat mengusir nyamuk. Supaya hasil yang didapat efektif, pembasmian nyamuk harus dilakukan semaksimal mungkin.

  • Jaga kerapian

Nyamuk pada awalnya menyukai tempat yang tidak rapi. Baik buku yang berserakan dan baju yang berhamburan, keduanya merupakan habitat nyamuk. Nyamuk akan menggunakan celah-celah tersebut untuk berkembang sehingga lama-lama barang berserakan tersebut menjadi rumah nyamuk. Untuk menghindari hal ini, selalu rapikan barang ketika setelah selesai digunakan. Segera kembalikan barang dan tata kembali dengan rapi.

  • Tanam tanaman

Selain dapat mempercantik tampilan rumah, bunga yang ditanam juga dapat membantu menghilangkan nyamuk dari rumah. Menanam tanaman akan sangat cocok dilakukan, terutama bagi penghuni rumah yang gemar dengan tanam-tanaman. Akan lebih baik jika bunga yang ditanaman merupakan bunga pengusir nyamuk. Ada banyak jenis bunga yang mampu mengusir nyamuk dari rumah, diantaranya serai, lavender, kumis kucing dan lainnya.

  • Kawat nyamuk

Bagi orang yang mempunyai rumah di daerah persawahan maupun rawa, nyamuk adalah masalah umum yang sering dihadapi tiap malam. Perlakuan di atas mungkin tidak cukup membantu karena rumah berada pada habitat asli nyamuk. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakanlah kawat nyamuk. sudah banyak kawat nyawak yang tersedia di toko-toko. Dari segi desain juga lumayan bagus sehingga dapat menambah aksen dalam rumah.

  • Hilangkan genangan

Untuk menciptakan rumah bebas nyamuk secara alami, hal utama yang harus dilakukan yaitu menghilangkan genangan air. Air yang tergenang merupakan tempat alami nyamuk untuk berkembang. Jika menggunakan tampungan air, sebaiknya segera tutup dengan rapat. Juga, tanam segala barang bekas yang tak terpakai yang dapat menampung air. Jika menggunakan sumur sebagai sumber air, berikan bubuk oralit dua minggu untuk mencegah jentik nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *