Pengaruh Lampu Dalam Kamar Tidur Rumah

Pengaruh Lampu Dalam Kamar Tidur RumahSejatinya, lampu merupakan alat yang digunakan untuk menerangi dalam gelap. Dengan adanya lampu, berbagai aktifitas tetap bisa dilakukan meskipun pada malam hari. Lampu yang tepat dapat menjaga produktifitas seseorang, tentunya jika ditempatkan secara benar. Belum banyak yang menyadari ternyata ada pengaruh lampu dalam kamar tidur rumah. Pengaruh lampu bisa menjadi positif maupun negatif, dan biasanya tergantung pada penghuni kamar tersebut.

Selain dapat menerangi kamar tidur, pemilihan lampu yang tepat dapat menghasilkan efek dramatis pada kamar tidur dan menciptakan kesan luas pada rumah. Lampu ternyata juga dapat memancarkan kehangatan pada ruang tidur. Khusus untuk ruang tidur, lampu yang digunakan hendaknya jangan terlalu cerah. Jika ingin bekerja atau belajar dalam kamar tidur, sebaiknya gunakan lampu khusus. Hal ini dikarenakan setiap lampu pasti memiliki pengaruh tersendiri pada tiap-tiap orang.

Pengaruh lampu dalam kamar tidur rumah

Secara umum, pengaruh lampu pada setiap orang tidak sama. Hal ini sebenarnya merujuk pada kepribadian orang tersebut. Diantara kajian tentang pengaruh lampu pada malam hari menyebutkan bahwa orang tersebut mempunyai kecenderungan stress yang lebih tinggi. Selain berpengaruh pada tingkat stress, lampu yang terang dapat meningkatkan berat badan. Oleh karenanya, akan lebih jika pada saat malam hari lampu yang digunakan tidak terlalu terang.

Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk beristirahat. Dan istirahat maksimal dapat diperoleh jika keadaan mendukung, salah satunya lampu. Sebenarnya tidak hanya lampu pada kamar tidur saja, hidup diperkotaan dengan banyak lampu ternyata dapat membuat seseorang lebih cepat stress. Bagi seorang wanita, keadaan seperti dapat memicu terjadinya kanker payudara. Hal ini sudah dilakukan kajian mendalam tentang pengaruh lampu.

Tidur dengan keadaan lampu menyala

Karena batas waktu pengumpulan laporan sudah semakin dekat, banyak orang yang kemudian membawa pekerjaannya untuk diselesaikan di kamar tidur meskipun pada akhirnya tertidur. Batas waktu yang diberikan tentunya akan membuat tekanan tersendiri, ditambah tidur dengan lampu menyala, pastinya stress akan menjadi berkali-kali lipat. Akan lebih baik jika pekerjaan dikerjakan pada tempatnya, sehingga kamar tidur dapat berfungsi baik sebagai tempat istirahat.

Dari sisi biologis, tidur dengan keadaan lampu menyala dapat mengacaukan jam biologis tubuh. Pada saat malam tiba, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormone melatonin. Hormone ini memiliki fungsi untuk menormalkan kondisi tubuh sehingga akan merasa rileks dan mengantuk. Maka dapat dikatakan bahwa hormone melatonin bertanggung-jawab pada proses mengantuk hingga tidur. Dan pengaruh lampu dalam kamar tidur rumah yang menyala dapat mengganggu produksi melatonin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *