Kelebihan Rumah Kayu yang Harus Diketahui

Kelebihan Rumah Kayu yang Harus DiketahuiRumah kayu memang menawarkan nilai artistik yang tinggi. Kesan natural akan sangat terlihat dari kehadiran kayu tersebut. Terlebih jika kayu yang digunakan bernilai sangat tinggi. Memilih rumah bertema kayu tentunya harus mempunyai pertimbangan yang tinggi. Hal ini dikarenakan sifat kayu yang mudah lapuk jika dibanding dengan rumah dari bahan lain. Karenanya, kelemahan dan kelebihan rumah kayu yang harus diketahui terlebih dahulu.

Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan rumah kayu, maka antisipasi dan perawatan yang tepat dapat diberikan dengan seksama. Rumah kayu tidak bisa diperlakukan secara biasa, karena hal ini dapat memicu pelapukan pada kayu. Tidak hanya sewaktu membuat rumah kayu yang membutuhkan biaya besar, merawat rumah kayu juga butuh biaya yang sama besarnya. Maka seharusnya sebelum membuat rumah kayu, biaya perawatan juga harus diperhitungkan.

Kelebihan Rumah Kayu yang Harus Diketahui

  • Harga jual tinggi

Semakin langkanya material kayu pastinya berimbas pada harganya yang semakin mahal. Masa tanam dan masa panen yang terlalu lama membuat ketersediaan kayu menjadi berkurang. Kelangkaan inilah yang membuat harga jual rumah kayu sangat tinggi dibanding tembok.

  • Kesan alami

Bagi yang bosan terhadap tampilan rumah tembok yang selalu monoton, rumah kayu dapat diaplikasikan. Rumah kayu akan memberi kesan natural sehingga dapat menambah tinggi nilai rumah. Kayu juga dapat menyerap suhu sehingga merupakan penahan cuaca yang baik.

  • Nilai artistik

Rumah kayu pastinya mempunyai nilai artistic yang sangat tinggi. keadaan ini disebabkan tidak semua orang dapat membuat rumah kayu. Tekstur yang kayu yang bervariasi akan memberikan nilai artistik tersendiri. Hal ini tidak akan tejadi pada rumah permanen dari tembok.

  • Kesan unik

Sesuatu yang beda pastinya akan terlihat unik. Hal yang sama juga dapat diperoleh dari pemakaian kayu untuk rumah. Meskipun terbuat dari bahan baku kayu, namun desain rumah kayu dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Kelemahan Rumah Kayu yang Harus Diketahui

  • Berharga mahal

Harga kayu yang mahal disatu sisi akan menguntungkan ketika rumah dijual, namun di sisi lain harga beli bahan baku kayu juga mahal. Terlebih kayu yang digunakan untuk membuat rumah tidak boleh kayu sembarangan. Bisa dipastikan harganya akan semakin naik setiap tahun.

  • Kontruksi rumit

Kontruksi rumah saat ini lebih mengandalkan tembok, sehingga akan banyak ide untuk membuat kontruksi rumah tembok. Sedangkan kontruksi rumah kayu lebih rumit, dan tidak terlalu banyak yang menyediakan jasa pembutan rumah kayu.

  • Mudah terbakar

Diantara kelemahan rumah kayu yang paling nyata yaitu mudah terbakar. Karenanya, rumah kayu sangat tidak cocok jika dibangun pada daerah yang bersuhu panas tinggi. Jikapun ingin tetap membangun, pastikan standar keselamatan sudah terpenuhi.

  • Rentan rapuh

Selain banyak kelebihan rumah kayu yang harus diketahui, sebaiknya juga mempelajari resiko yang terjadi pada rumah kayu. Resiko terbesar dari rumah kayu yaitu pelapukan. Pelapukan dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan dan hewan kecil seperti rayap dan semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *