Langkah Mencuci Spring Bed Dengan Benar

Langkah Mencuci Spring Bed Dengan BenarMungkin belum banyak yang tahu jika ternyata spring bed juga dapat dicuci, tentunya dengan proses berbeda. Anggapan ini biasanya didasari pada bentuk spring bed yang besar sehingga terlihat susah untuk dicuci. Pun begitu, beberapa bahan spring bed dengan tipe tertentu memang benar-benar tidak boleh dicuci, terkecuali dry cleaning. Bagi yang ingin mencuci secara manual, ada langkah mencuci spring bed dengan benar dan tentu saja bisa dilakukan di rumah.

Frekuensi penggunaan yang tinggi terhadap spring bed hendaknya diimbangi dengan perawatan yang layak. Diantara perawatan yang harus diberikan pada spring bed yaitu mencuci. Dengan begitu, spring bed akan terhindar dari kemungkinan munculnya kutu dan menghilangkan kutu pada spring bed jika ada. Selain itu, spring bed kerap menyerap keringat seseorang ketika tidur. Dengan mencucinya, keadaan spring bed akan tetap kebersihannya. Terlebih jika spring bed sudah menunjukkan perubahan warna maupun bau.

Langkah Mencuci Spring Bed Dengan Benar

Jika tidak disertai niat dengan sungguh-sungguh, spring bed tentu tidak akan bersih. Semua orang juga akan berpikir demikian ketika dihadapkan pada tugas mencuci spring bed. Bentuknya yang besar dan berat pastinya membuat enggan setiap orang untuk membersihkannya, apalagi mencucinya. Khusus untuk kota-kota besar, biasanya ada jasa mencuci spring bed, tentu harga yang ditawarkan sangat mahal. Untuk yang ingin mencuci spring bed sendiri, begini langkahnya.

  1. Untuk mencuci spring bed, akan lebih baik jika dikeluarkan dari rumah. Hal ini tidak hanya untuk memudahkan proses mencuci, tapi juga agar bisa langsung dijemur setelah dicuci. Ditambah, keadaan spring bed yang kering saja sudah berat apalagi jika mengangkatnya dalam keadaan basah. Jika sudah di luar rumah, kumpulkan semua alat yang akan digunakan.
  2. Untuk membuat spring bed benar-benar bersih dan menghilangkan jamur, siapkan larutan kaporit dan campurkan dengan air secukupnya. Campuran antara air dan kaporit harus benar-benar merata hingga butiran kaporit sudah tak terlihat. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan juga gunakan alat untuk mengaduk campuran tadi.
  3. Sebelum mencuci, spring bed hendaknya dibersihkan dulu dari debu dan kotoran lain yang menempel. Gunakan vacuum cleaner ketika membersihkan debu, dan posisikan spring bed dalam keadaan berdiri. Hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran tidak meresap masuk ke dalam spring bed ketika disiram air. Dengan begitu spring bed akan bersih luar dalam.
  4. Dalam membersihkan spring bed sebaiknya hanya dilakukan pada bagian yang kotor saja. Hal ini dimaksudkan agar proses mencuci tidak terlalu lama dan proses pengeringan lebih cepat. Celupkan sikat ke dalam cairan kaporit lalu kibaskan hingga air dalam sikat berkurang kemudian gunakan sikat tersebut. Jika ingin mencuci secara keseluruhan, pastikan panas matahari cukup.
  5. Proses terakhir sebagai langkah mencuci spring bed dengan benar yaitu menjemurnya. Idealnya, spring bed harus dijemur tanpa harus terkena sinar langsung. Namun karena bekas dicuci, penjemuran sebaiknya dilakukan langsung di bawah sinar matahari. Hal ini diperlukan agar spring bed cepat kering supaya terhindar dari kemungkinan tumbuhnya jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *