Cara Menata Dapur Rumah Supaya Rapi dan Bersih

Cara Menata Dapur Rumah Supaya Rapi dan BersihSudah sering terjadi, kebanyakan pada area dapur selalu terlihat berantakan dan kotor. Jika harus ada yang disalahkan, maka penghuni rumah yang harus bertanggung jawab. Keadaan dapur yang demikian dapat menjadi gambaran bahwa aggota keluarga tersebut merupakan orang yang tidak rajin dalam menjaga kerapian dan kebersihan dapur rumah. Padahal ada cara menata dapur rumah supaya rapi dan bersih dengan sederhana.

Dapur yang tertata rapi pastinya akan membuat aktifitas memasak menjadi lebih seru, apalagi jika ditambah dengan keadaan suasana dapur rumah penuh warna. Nyatanya, meski menata dapur terlihat mudah tidak semua orang melakukannya, tentu saja dengan alasan masing-masing. Jika membersihkan terlihat sulit, cobalah untuk melakukan hal ini. Setelah selesai makan bawa peralatan ke dapur lalu berjalanlah ke bak cuci kemudian bersihkan dan kembalikan ke tempat semula. Mudah kan.

Cara menata dapur rumah supaya rapi dan bersih

Karena digunakan untuk tempat mengolah makanan, dapur hendaknya harus dibuat sebersih mungkin. Hal ini diperlukan agar makanan yang akan dikonsumsi tetap steril. Karena fungsinya yang penting dalam memproses makanan, maka kebersihan dapur sangat penting sekali. Dapur yang tertata rapi juga akan memudahkan dalam mencari keperluan yang dibutuhkan, misalnya panci, pisau, blender dan alat lainnya. Untuk menciptakan tatanan dapur yang rapi dan bersih, simak berikut ini.

  • Perhatikan tiap detail bagian

Detail akan menentukan penampakan dapur secara keseluruhan. Tentu saja ada banyak detail yang harus diperhatikan dalam ruang dapur. Rak penyimpanan biasanya selalu dilupakan ketika sedang bersih-bersih. Padahal tempat yang bersih akan menjamin alat dapur tetap bersih. Bersihkan dengan teliti hingga sampai sudutnya, karena bagian ini biasanya paling sukar disentuh. Begitu juga dengan alat masak dan makan, perhatikan tiap detailnya.

  • Ganti alat yang mulai rusak

Karena merupakan salah satu bagian penting, sebisa mungki alat yang digunakan harus representatif. Jika alat masak yang digunakan sudah mulai karatan, ada baiknya untuk langsung menggantinya. Karat yang terdapat pada alat masak dapat rontok hingga jatuh dalam masakan, dan karat merupakan hal berbahaya bagi tubuh. Karenanya, akan lebih baik jika langsung menggantinya dengan baru. Terapkan hal yang sama jika menemukan hal serupa.

  • Gunakan wadah transparan

Jika tidak ingin salah mengambil bumbu masak, wadah transparan bisa menjadi solusi. Untuk memudahkan dalam mengambil bumbu, ada baiknya untuk menggunakan wadah yang transparan. Dengan begitu, aktifitas masak akan menjadi lebih efektif. Untuk bumbu dapur, urutan penataan juga menjadi hal yang sangat penting. Sebagai contoh, jangan letakkan garam disamping gula jika tidak ingin tertukar sewaktu mengambilnya.

  • Letakkan alat sesuai jenisnya

Agar penataan dapur terlihat rapi, peralatan harus diletakkan sesuai dengan jenisnya dan frekuensi pemakaiannya. Akan menjadi tidak etis jika bumbu masak diletakkan bersamaan dengan alat masak. Juga, karena garam lebih sering digunakan maka sebaikanya ditaruh paling depan. Maka jangan heran jika salah satu kunci dari cara menata dapur rumah supaya rapi dan bersih yaitu dengan mengelompokkan sesuai jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *