Cara Untuk Membersihkan Furniture Rumah

Cara Untuk Membersihkan Furniture RumahSaat menjelang hari besar keagamaan, setiap penghuni rumah pasti menyiapkan keadaan rumah sebaik mungkin. Diantaranya yaitu dengan membersihkan berbagai furniture yang ada di dalamnya. Kadang kesulitan datang menghampiri ketika tiba waktunya membersihkan furniture. Sebenarnya tidak semua furniture dapat dibersihkan, ada cara untuk membersihkan furniture rumah yang terbuat dari bahan khusus, seperti woll. Tentu proses pembersihannya pasti berbeda.

Setiap jenis furniture biasanya mempunyai resiko terhadap paparan benda tertentu. Jika proses pembersihannya tidak benar, justru furniture tersebut dapat rusak. Contoh paling umum yaitu furniture berbahan kayu yang akan lebih cepat rusak jika terkena air. Begitu juga furniture dari besi jika dicuci dengan air detergen yang kuat. Oleh karena itu, membersihkan furniture rumah juga tidak bisa dilakukan secara serta merta. Perlu perlakuan khusus terhadap bahannya.

Cara untuk membersihkan furniture rumah berbahan kayu

Sayangnya, tidak semua dapat memperlakukan furniturnya dengan benar ketika sedang membersihkannya. Tentunya dengan berbagai alibinya masing-masing, misalnya liburan yang terlalu mepet, atau memang tidak punya waktu untuk membersihkan. Bagaimanapun alasannya, merawat furniture merupakan sesuatu yang harus dilakukan supaya awet dan furniture selalu terlihat baru. Apalagi jika furniture tersebut berbahan kayu.

Untuk membersihkan furniture berbahan kayu, pemakaian air sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan sifat kayu yang dapat menyerap air. Semakin banyak air yang diserap, maka furniture kayu akan menjadi lapuk sehingga cepat rumah. Cukup gunakan lap yang sudah dibasahi lalu terapkan pada furniture kayu. Untuk membersihkan pada pangkal furniture kayu, sebaiknya gunakan kuas kecil yang lembut. Pemakaian detergen sebaiknya dikurangi karena dapat merusak permukaan.

Cara untuk membersihkan furniture rumah berbahan logam

Secara sederhana, proses pembersihan furniture logam sama dengan furniture kayu. Pembersihan tidak boleh menggunakan air secara langsung, cukup dengan memakai lap basah. Setelah dibersihkan hendaknya segera dikeringkang dengan lap kering. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya resiko pengelupasan yang bisa memicu karat. Khusus untuk noda yang bandel, gunakan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan mobil. Lalu segera keringkan.

Sebenarnya ada banyak jenis furniture yang terbuat dari logam. Jika furniture berharga rendah, bahan yang digunakan biasanya terbuat dari besi biasa. Pada furniture dengan harga mahal, material yang digunakan biasanya stainless steel. Kedua bahan ini tentunya memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Besi memiliki daya tahan yang tinggi namun sering menghasilkan karat, sedangkan stainless stell tahan karat namun tidak terlalu kuat.

Karena terbuat dari material yang berbeda, tentunya cara untuk membersihkan furniture rumah yang terbuat dari besi dan stainless steel berbeda. Furniture besi lebih baik dibersihkan hanya dengan menggunakan air, sedangkan untuk furniture dari stainless steel ada cairan khusus tersendiri. Selain dari perawatan yang diterapkan tidak sama, harga beli kedua bahan tersebut juga beda. Namun stainless steel sangat nyaman digunakan karena bobotnya yang ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *