Ketahui Ini Sebelum Berbagi Tempat Tinggal

Mencari teman untuk berbagi tempat tinggalBerbagi tempat tinggal bukan menjadi sesuatu yang baru lagi, apalagi jika dikaitkan dengan kondisi sekarang. Berbagi tempat tinggal sebenarnya merupakan sebuah solusi untuk mengatasi tingginya harga properti, baik memilih apartemen atau rumah. Model seperti ini paling sering diterapkan oleh pasangan yang baru menikah, mahasiswa yang ingin berkumpul dengan temannya, ataupun pekerja di perusahaan yang sama. Dengan cara berbagi, biaya yang dikeluarkan secara individu akan lebih sedikit.

Meski dirasa membantu dalam meminimalkan pengeluaran, di sisi lain beberapa persoalan sering muncul. Beberapa anggota penghuni rumah kadang berlaku seenaknya seperti membuang sampah secara sembarangan tanpa mempedulikan yang lain. Terkadang, ketika tiba waktunya untuk membayar tagihan para penghuni tiba-tiba menghilang semua. Oleh karenanya, penting untuk menemukan teman yang cocok dan membuat aturan main pada hunian tersebut.

Mencari tempat tinggal saat kuliah atau kerja dengan teman yang sesuai untuk menghuni bersama tidak gampang. Meskipun teman baik baik dalam kuliah maupun kerja, namun kebiasaan yang sering dilakukan belum tentu sesuai dengan harapan. Bahkan pada pasangan yang baru menikah, pasti ada hal-hal tertentu yang membuat canggung ketika harus menumpang dan berbagi tempat tinggal. Oleh karenanya, selektif merupakan langkah yang harus diambil sebelum memutuskan untuk berbagi tempat tinggal.

Berikut hal yang harus dibahas dalam menentukan timpat tinggal.

  1. Buat kesepahaman arti bersih

Setiap orang mempunyai pengertian dan standar yang berbeda tentang arti kata bersih. Tanyakan hal ini kepada teman serumah dan buatlah kesepakatan tentang kebersihan. Beberapa orang akan langsung membersihkan gelas ketika selesai digunakan dan yang lain tidak.

  1. Kegiatan harian atau akhir pekan

Tanyakan tentang kegiatan harian dan akhir pekan yang dilakukan. Jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan petunjuk tentang kegiatannya pada akhir pekan apakah dengan membawa teman-temannya ke rumah dan membuat gaduh, atau sebaliknya.

  1. Waktu tidur

Tidak setiap orang memiliki waktu tidur yang tidak sama, dan ini sangat tergantung dengan kebiasaannya. Beberapa orang akan tidur saat larut malam bahkan sampai pagi. Jika kebiasaan seperti ini dirasa mengganggu, sebaiknya cari calon teman yang lain saja.

  1. Riwayat penyakit

Jenis alergi tertentu terkadang bisa menular, usahakan untuk menanyakan hal ini sebelum berbagi tempat tinggal. Selain alergi, beberapa tipe penyakit tertentu dapat menular melalui kontak. Tanyakan hal ini untuk menghindari kemungkinan tertular penyakit yang sama.

  1. Sifat dan karakter

Sesekali cobalah untuk menanyakan tentang kebiasaannya untuk mengunci rumah, apakah baik atau buruk. Beberapa orang kadang mempunyai sifat acuh dan langsung pergi meninggalkan rumah tanpa mengunci pintu maupun jendela. Karenanya, sangat penting mengetahui hal ini.

  1. Pekerjaan sehari-hari

Menanyakan pekerjaan sehari-hari akan dapat memberikan gambaran tentang kondisi finansialnya. Dengan bekerja, membayar biaya sewa bukanlah masalah berarti. Dan jika dia sering lembur, cobalah pastikan bahwa kebiasaan lemburnya tidak akan mengganggu.

  1. Mandiri atau manja

Hal ini bisa terlihat dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, apakah dia memasak sendiri, atau apakah dia mencuci baju sendiri. Kebiasaan seperti ini dapat menjadi tolok ukur apakah calon teman berbagi tempat tinggal merupakan orang yang mandiri atau manja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *