Kiat Berbisnis Properti Dengan Modal Terbatas

Modal bisnis propertiBerbisnis dalam bidang properti sejatinya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain dikarenakan harga bahan bakunya yang terus naik, komoditas lahan juga semakin terbatas. Kenaikan beberapa harga bahan tersebut akhirnya memicu meningkatnya harga tiap hunian, baik berupa perumahan atau apartemen. Dengan modal yang terbatas, berbisnis properti pada usia muda sebenarnya juga bisa dilakukan. Kunci utama dari keberhasilan ini adalah perencanaan yang matang dan eksekusi yang tertata.

Harga properti yang semakin tinggi membuat banyak orang ingin terjun dalam bisnis ini. Tidak heran, properti sekarang ini sudah menjadi banyak pilihan untuk berinvestasi meskipun dengan modal sedikit. Kadang permasalahan seperti inilah yang kemudian memicu orang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis properti. Padahal dengan perencanaan yang tepat dan pertimbangan yang matang, persoalan seperti ini bisa dilewati.

Ketahui kekuatan ekonomi

Sebelum mulai terjun dalam bisnis properti dengan modal yang minimal, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah mengetahui tingkat ekonomi. Bisnis properti menawarkan keuntungan yang tidak sedikit, begitu juga dengan resiko yang akan ditanggung. Mengetahui tingkat pendapatan juga estimasi penggunaannya dan aset yang dimiliki harus dilakukan terlebih dahulu. Dikarenakan rasio kegalalan pada bisnis properti sangat tinggi, aset pribadi dibutuhkan untuk mengantisipasi pengembalian modal.

Gunakan sumber keuangan lain

Bagi beberapa orang, menyimpan pendapatan dalam bentuk tabungan adalah sesuatu yang menyulitkan. Jika hal ini terjadi, manfaatkan sumber pendapatan lain diluar pendapatan utama seperti tunjangan hari raya, gaji ke-tigabelas, atau bonus-bonus lain. Sumber keuangan tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk membuka modal investasi properti. Strategi seperti ini cocok digunakan untuk memulai bisnis properti pada usia muda. Para pengembang juga banyak menawarkan beragam promo ketika hari-hari besar tertentu, manfaatkanlah hal ini untuk membeli hunian tersebut.

Pilih properti baru

Pada bangunan perumahan atau apartemen yang masih baru, pihak pengembang hunian biasanya akan memberikan potongan harga berupa diskon uang muka atau potongan angsuran. Karenannya, pilihlah properti yang masih baru atau masih dalam tahap pengembangan. Properti yang masih dalam tahap pengembangan akan lebih memberikan harga yang terjangkau, dan seiring selesainya proyek harga properti juga akan terus naik. Dalam masa pengembangan, pihak pengembang biasanya masih memberikan uang muka yang fleksibel pada para calon pembelinya.

Segera mulai bisnisnya

Jika properti sudah sudah didapatkan, segeralah untuk memulai menjalankan rencana sesuai yang dibuat ketika awal bisnis. Jika pada awal rencana properti akan disewakan, segeralah untuk mencari penyewa dan buat aturan tentang kewajiban dan hak penyewa. Dan jika properti rencananya akan dijual kembali, maka carilah penjual yang tepat baik melalui agen penjualan atau secara personal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *