Cara Membersihkan Westafel Kamar Mandi Rumah

Merawat westafel kamar mandiMeskipun kebanyakan orang sudah mengetahui westafel dan mempunyai, namun nyatanya tidak semua orang dapat merawatnya dengan baik. Dilihat dari lokasinya yang selalu terkena air, maka seharusnya perawatan yang maksimal sudah harus diterapkan. Air mengandung sulfur, dan zat tersebut dapat mengakibatkan kerak muncul pada westafel. Selain kemungkinan terjadinya kerak, masalah paling umum dari westafel yaitu macet dan kuman yang tumbuh. Agar air yang keluar dari westafel selalu berkualitas bagus, maka menjaga dan merawat tangki air pada rumah harus sering dilakukan.

Kebersihan merupakan pangkal utama dalam menjaga westafel tetap terawat. Perawatan untuk westafel umumnya menyangkut dengan menjaga kebersihannya. Selain dari kondisi westafel, air juga akan berpengaruh pada ketahanan westafel itu sendiri. Kualitas air baik akan membantu menjaga westafel tetap bekerja dengan baik. Sedangkan air yang kotor akan berkontribusi terhadap westafel yang kotor dan cepat rusak. Perilaku pengguna juga dapat berpengaruh pada kebersihan westafel.

Cara membersihkan westafel kamar mandi rumah:

  • Gunakan bahan dapur

Untuk membersihkan westafel yang terbuat dari bahan alumunium, beberapa bahan dapur dapat digunakan seperti soda kue dan jeruk nipis. Kedua bahan ini sangat efektif dalam membantu menghilangkan noda yang menempel. Selain noda, kerak yang masih baru muncul juga dapat dihilangkan. Untuk menggunakan kedua bahan ini, cukup campurkan keduanya lalu siramkan pada bagian yang ingin dibersihkan. Diamkan beberapa saat lalu kemudian bilas.

  • Gunakan odol

Sudah banyak digunakan untuk membersihkan apapun, odol juga sangat membantu dalam membersihkan kotoran yang menempel pada westafel. Berbeda dengan soda kue dan jeruk nipis yang bagus digunakan untuk jenis alumunium, odol akan lebih efektif jika digunakan untuk westafel berbahan keramik. Hampir sama dengan menggosok gigi, gunakan odol dengan cara digosok. Agar lebih baik hasilnya, usahakan gosok westafel ketika pertama kali digunakan.

  • Gunakan air hangat

Setelah westafel selesai dibersihkan dengan menggunakan bahan tersebut, usahakan untuk membilasnya dengan air hangat. Pemberian air hangat akan meluruhkan kotoran yang telah terlepas setelah dibersihkan. Bilaslah hingga beberapa kali sampai westafel terlihat benar-benar bersih. Yang harus diperhatikan, usahakanlah untuk selalu membuat kering westafel setiap kali selesai digunakan. Keadaan yang kering akan menghindarkan dari munculnya kerak.

  • Gunakan soda api

Jika keadaan westafel sudah terlalu parah dan mampet, penggunaan soda api sangat diperlukan. Soda api akan membuat segala kotoran seperti kerak akan terlepas sehingga saluran pipa pembuangan akan lancar kembali. Dalam menggunakan soda api untuk membersihkan westafel ada cara tersendiri. Mula-mula, penuhi westafel dengan air lalu masukkan soda air ke dalam air tersebut. Biarkan selama hampir setengah jam, dan soda api akan meluruhkan segala kerak.

  • Bahan kimia

Penggunaan bahan kimia untuk membersihkan westafel sebenarnya tidak dianjurkan. Seperti yang sudah diketahui, bahan pembersih porselen di pasaran sudah menggunakan bahan kimia sebagai campuran. Pembersih seperti ini tentunya sangat berbahaya jika terkontaminasi dengan manusia. Apalagi westafel sangat bersentuhan langsung dengan kegiatan membersihkan wajah dan tangan. Karenanya, akan lebih baik jika penggunaan bahan kimia sebisa mungkin dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *