Cara Mudah Agar Septi Tank Tidak Bau

Menghilangkan bau menyengat dari septi tankKendala umum dari septi tank adalah bau yang menyengat. Jika hal seperti sudah terjadi, penghuni keluarga dan tetangga terdekat sangat dirugikan. Bau yang tidak sedap dapat membuat masalah tersendiri jika tidak segera diatasi. Bagi penderita asma, bau menyengat akan memicu kambuhnya penyakit. Sedangkan dari sisi psikologis, bau menyengat akan mengakibatkan mental yang terganggu karena tidak nyaman dengan situasi yang terjadi. Sama halnya sebelum memasang instalasi air panas, pipa yang digunakan untuk saluran septi tank juga tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kenapa septi tank menjadi bau. Anehnya, tidak banyak yang sadar tentang pemicu timbulnya bau tersebut. Bisa jadi, bau tersebut ditimbulkan oleh septi tank yang sudah penuh sehingga meluber. Penyebab lain adalah bocornya septi tank dalam tanah. Parahnya, akan lebih sulit untuk memperbaiki kondisi septi tank jika kebocoran yang terjadi di dalam tanah. Masalah lain yang sering timbul adalah bocornya saluran pembuangan yang mengarah ke septi tank.

Berikut cara mudah agar septi tank tidak bau:

  • Periksa saluran ventilasi

Pergantian udara merupakan bagian penting dalam septi tank. Ventilasi udara secara bertahap akan mengeluarkan gas dari dalam septi tank sehingga akan selalu terjaga volumenya. Septi tank yang tidak menggunakan ventilasi justru akan cepat penuh karena air dan kotoran dalam septi tank tidak menguap. Agar septi tank dapat berfungsi dengan baik, maka harus dilengkapi dengan ventilasi.

  • Kontrol secara berkala

Meski sudah dipasangi pipa ventilasi, septi tank juga harus dikontrol secara berkala. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin dapat menjaga kadar volume septi tank tetap berada pada level normal. Kontrol dapat dilakukan secara mudah, yaitu dengan membuka penutup septi tank secara berkala selama satu jam. Hal ini diperlukan agar semua gas dapat keluar.

  • Tambahkan tinggi pipa

Pipa ventilasi yang terlalu rendah akan membuat bau langsung menyebar pada area bawah. Imbasnya penghuni rumah justru akan terkena bau tersebut. Agar bau septi tank tidak langsung menyebar pada bagian bawah, usahakan untuk menambah tinggi pipa seti tank. Pipa ventilasi yang tinggi berarti gas yang terbuang berada pada ketinggian tertentu sehingga tidak terhirup.

  • Terapkan filter pipa

Jika pipa ventilasi septi tank sudah ditambah ketinggiannya namun tetap mengeluarkan bau, tambahkan filter pada bagian pipa. Filter akan berfungsi menyerap gas dari dalam septi tank dan akan dikeluarkan dalam bentuk udara yang lumayan bersih. Filter pipa dapat mengurangi kemungkinan bau yang timbul akibat gas dari septi tank.

  • Gunakan arang

Sudah diketahui dari dulu bahwa arang dapat menyerap berbagai kotoran dan bau. Arang bahkan sudah dimanfaatkan untuk menjernihkan air yang bau. Penerapannya pun cukup mudah. Arang dapat diletakkan pada pangkal pipa ventilasi dan digantung di dalam septi tank. Arang dapat menetralisir segala jenis bau seperti kopi.

  • Pertimbangkan kualitas

Sekarang ini sudah banyak jenis septi tank yang dijual di pasaran, mulai dari yang biasa hingga yang berkualitas. Pada septi tank yang berkualitas, biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Diantaranya yaitu panel control dan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. Septi tank yang berkualitas dapat menguraikan kotoran melalui mikroorganisme sehingga akan aman terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *