Bahaya Rumah Berantakan Bagi Penghuni

Bahaya Rumah Berantakan Bagi PenghuniIdealnya, rumah merupakan tempat utama untuk melepaskan lelah setelah melakukan aktifitas yang membuat lelah. Namun apa jadinya jika satu-satunya tempat peristirahatan ternyata sangat berantakan. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu bahwa rumah yang berantakan ternyata bisa memicu bahaya bagi penghuninya. Bahaya rumah berantakan bagi penghuni tempat tinggal tersebut meliputi bermacam-macam, mulai dari psikologis hingga kesehatan.

Yang pasti, keadaan rumah yang berantakan pastinya akan mengganggu pemandangan. Bayangkan setelah pusing-pusing dikantor lalu jalanan macet dan sampai rumah ternyata berantakan. Pastinya dapat meningkatkan rasa stress. Keadaan rumah yang berantakan biasanya akibat ulah penghuni rumah yang tidak memperhatikan kebersihan. Baju berserakan, buku berhamburan dan kardus yang menumpuk merupakan beberapa contoh rumah berantakan.

Bahaya rumah berantakan bagi penghuni

Pada dasarnya, keadaan rumah berantakan lebih disebabkan oleh penghuni. Karenanya, akan lebih baik jika setiap penghuni rumah sadar diri dengan perilaku menjaga kebersihan. Beberapa hal kecil seperti menaruh baju kotor dalam keranjang dan mengembalikan barang pada tempatnnya merupakan hal sederhana yang dapat menjaga rumah tetap terkontrol. Hal demikian tentunya tidak sulit dilakukan namun entah kenapa banyak orang tidak melakukannya.

  • Memicu pertumbuhan kuman dan serangga

Bahaya utama dan yang terlihat karena rumah berantakan yaitu dapat memicu pertumbuhan kuman dan serangga. Kuman dan bakteri tentunya menyukai tempat yang kotor. Berbagai serangga pengganggu kemudian akan muncul dengan sendirinya. Rumah berantakan merupakan habitat terbaik bagi serangga maupun kuman. Sebagai contoh, nyamuk akan cepat berkembang pada tumbukan baju kotor karena merasa seperti habitatnya.

  • Memicu rasa lelah

Dalam sebuah kajian, wanita dalam rumah akan merasa lebih lelah jika melihat keadaan rumah berantakan. Wanita akan berasumsi merasa gagal karena tidak bisa menjaga rumah agar tetap bersih. Rasa lelah bisa diakibatkan oleh mental yang terus terganggu karena rumah yang kotor. Selain itu, hunian yang berantakan akan membuat penghuni rumah menjadi susah fokus dalam mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu, mulailah mengerjakan hal kecil dengan benar.

  • Memicu stress dan depresi

Bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat rumah berantakan yaitu memicu stress dan depresi. Keadaan seperti ini jika tidak segera diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan secara fisik seperti darah tinggi dan lainnya. Karenanya, penting untuk membuat aturan agar semua penghuni rumah dapat merasa nyaman. Tidak ada kebaikan yang didapat dari kondisi rumah berantakan. Dengan menjaga kebersihan, bahaya rumah berantakan bagi penghuni dapat dihindari sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *