Penyebab Septic Tank Rumah Cepat Penuh

Penyebab Septic Tank Rumah Cepat PenuhRumah yang ideal pastinya harus mempunyai saluran pembuangan yang terintregasi dan bermuara pada wadah penampungan sementara atau yang biasa disebut dengan septic tank. Terkadang tanpa disadari septic tank bau dan menjadi penuh dengan sendirinya, padahal frekuensi pembuangan tidak banyak. Keadaan seperti ini bukan sepenuhnya salah penghuni rumah, bisa saja septic tank yang bermasalah. Untuk memperbaikinya, akan lebih baik jika penyebab septic tank rumah cepat penuh diketahui lebih dulu.

Instalasi yang tidak benar bisa menyebabkan septic tank menjadi cepat penuh. Tidak perlu kuatir karena masalah seperti ini cenderung mudah untuk diperbaiki. Kebanyakan orang hanya melimpahkan pembuatan septic tank pada tukang bangunan tanpa memeriksa kualitasnya. Hendaknya proses pembangunan septic tank selalu diawasi agar kedepannya tidak menimbulkan masalah. Septic tank yang penuh biasanya ditandai dengan toilet yang tidak dapat berfungsi.

Penyebab septic tank rumah cepat penuh

Ada beberapa penyebab kenapa septic tank rumah cepat penuh. Selain dari frekuensi pemakaian yang terlalu sering, kesalahan paling umum terjadi pada proses instalasi yang tidak benar. Tentunya, masalah seperti ini pasti akan membuat keadaan rumah tidak nyaman. Rumah ideal juga bisa diukur dari kualitas pembuangan limbah kotoran dan sampah. Berikut penyebab umum septic tank cepat penuh.

  • Rendahnya bakteri pengurai

Pada sebuah septic tank yang normal, limbah akan diuraikan oleh bakteri sehingga akan berkurang dengan sendirinya. Bakteri bisa berasal dari tanah atau bisa diberikan obat bakteri jika diperlukan. Kurangnya bakteri dalam septic tank akan membuat septic tank cepat penuh karena kotoran tidak teruraikan dengan maksimal. Gunakan obat penumbuh bakteri pengurai.

  • Sampah dan limbah

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bakteri hanya dapat menguraikan kotoran yang bersifat organik, sayangnya masih ada orang yang membuang sampah berbahan plastik ke dalam lubang toilet. Kejadian seperti ini tentunya akan membuat septic tank menjadi cepat penuh karena kotoran tersebut tidak dapat diuraikan dengan segera.

  • Instalasi yang tidak benar

Kesalahan umum mengapa septic tank cepat penuh yaitu proses instalasi yang tidak benar. Bisa saja pada saat pembuatan saluran septic tank tidak rata sehingga dapat mengakibatkan penyumbatan. Saluran pembuangan yang berbelok-belok atau jaraknya terlalu jauh juga bisa membuat cepat penuh. Lubang udara juga mesti diperhatikan besar kecilnya.

  • Salah memilih lokasi

Beberapa daerah memiliki kandungan air tanah sangat tinggi sehingga bisa memicu air tanah naik. Jika air tanah naik secara otomatis septic tank akan cepat penuh. Pilih lokasi yang tepat agar masalah ini dapat dihindari. Jika tidak bisa, gunakan septic tank beton yang bisa didapat pada toko bangunan. Secara bentuk hampir menyerupai dengan tampungan air. Dengan mengetahui penyebab septic tank rumah cepat penuh, perbaikan yang tepat dapat diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *