Penyebab Plafon Rumah Jamuran

Penyebab Plafon Rumah JamuranBerbagai kondisi jamur yang tumbuh pada rumah biasanya akan meningkat ketika musim penghujan tiba. Pada beberapa daerah, musim penghujan dapat memperparah munculnya jamur, terutama pada daerah yang bersuhu dingin. Meskipun demikian, pada daerah yang bersuhu panas juga dapat mengembangkan jamur terutama pada plafon. Sebenarnya ada banyak penyebab plafon rumah jamuran hingga sangat parah. Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini.

Kehadiran jamur pada rumah hunian pastinya membuat tidak nyaman, apalagi jika jamur tumbuh pada tempat yang sering terlihat seperti plafon. Selain menyebabkan ketidak-nyamanan, jamur dapat membuat kerusakan pada daerah yang ditumbuhi. Yang pasti, jamur dapat membuat lapuk daerah yang ditumbuhi. Jika tidak segera diatasi, baik plafon maupun dinding akan menjadi berlubang. Jika sudah begini, penghuni rumahlah yang paling dirugikan.

Beberapa penyebab plafon rumah jamuran

Sebenarnya ada banyak pemicu kenapa plafon rumah menjadi jamuran. Penyebab paling umum yaitu terjadi bocor pada atap rumah. Air yang menetes pada plafon rumah dan tidak segera mengering akan memicu tumbuhnya jamur. Tidak hanya air, rumah yang terlalu lembab juga dapat memicu timbulnya jamur pada plafon dan dinding rumah. Karenanya, penting untuk menyadari hal ini dan kemudian menghilangkan pemicu tumbuhnya jamur.

  • Atap bocor

Sudah disinggung di atas, bahwa diantara penyebab plafon rumah jamuran yaitu atap rumah yang bocor. Atap rumah yang tidak segera diperbaiki akan meneteskan air pada plafon rumah. Sayangnya air tersebut tidak segera mengering sehingga timbullah jamur pada plafon. Perbaiki atap tersebut dan periksa juga apakah ada instalasi saluran air pada bagian atas rumah. Dengan menghilangkan pemicu, maka kemungkinan jamur berkembang sudah berkurang.

  • Kurangnya sirkulasi

Kontruksi rumah yang minim untuk melakukan sirkulasi udara juga dapat memicu tumbuhnya jamur pada plafon. Sirkulasi yang baik akan membantu mengganti udara sehingga kondisi dalam rumah selalu segar. Udara yang berdiam pada bagian atap rumah lama kelamaan akan memicu jamur tumbuh. Pastikan rumah selalu mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Jika perlu, nyalakan kipas paling tidak 15 menit untuk membantu sirkulasi udara.

  • Minimnya cahaya

Kebanyakan jamur akan tumbuh pada kondisi kurang cahaya atau remang-remang. Hal ini bisa dibuktikan saat proses pembuatan tempe. Ada baiknya, pencahayaan dalam rumah harus diatur sedemikian rupa agar semua ruangan bisa mendapatkan sinar dengan baik. Selalu buka jendela pada saat siang hari agar cahaya masuk dan udara tersirkulasi dengan baik. Jika tidak memungkinkan, gunakan lampu tambahan pada area yang gelap.

  • Ventilasi kurang

Rumah yang terisolasi dengan buruk akan lebih cepat mendapat kemungkinan ditumbuhi jamur. Baik udara panas maupun dingin yang terjebak dalam rumah dapat memicu pengembunan. Jika tidak segera diantisipasi, pengembunan bisa menjadi penyebab plafon rumah jamuran. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk memberikan ventilasi, gunakan dehumidifier. Alat ini dapat berfungsi untuk menetralkan kelembaban udara pada ruangan tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *