Beberapa Kelebihan Tangki Air Stainless Steel

Beberapa Kelebihan Tangki Air Stainless SteelAda banyak kelebihan kenapa tangki air berbahan stainless steel semakin banyak digunakan saat ini. Memang, kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini masih banyak memakai tangki air berbahan plastik. Namun tren ini sudah mulai bergeser saat ini. Beberapa kelebihan tangki air stainless steel yaitu kuat dan tidak mudah pecah. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan tangki air plastik. Tangki air stainless steel nyatanya juga lebih mudah dipasang karena tahan terhadap benturan.

Meskipun harga tanki air stainless steel masih lebih mahal daripada tangki biasa, namun masa pakai yang relatif lebih lama menjadi keunggulan tersendiri. Dilihat dari segi estetika, tanki stainless steel lebih sedap dipandang mata. Ini dikarenakan tampilan luarnya yang tampak mengkilap. Perawatan tangki air yang dibutuhkan sangat mudah karena dapat dibuka tutup tiap komponennya. Hal demikian tidak terjadi pada tangki berbahan plastik.

Inilah beberapa kelebihan tangki air stainless steel

Banyak sekali kelebihan dari tangki air stainless steel yang bisa didapat. Lapisan stainless steel yang digunakan membuat lumut tidak akan berkembang. Hal ini justru sama sekali berbeda dengan tangki biasa karena bisa ditumbuhi lumut pada bagian permukaannya. Dengan begini, perawatan yang diperlukan akan terasa lebih mudah dan cukup dialakukan sesekali waktu. Agar lebih jelas, berikut beberapa kelebihan tangki air stainless steel.

  • Instalasi mudah

Keunggulan utama dari tangki air stainless steel yaitu proses pemasangan yang mudah. Tangki stainless steel sudah dilengkapi dengan pijakan untuk penyangga pada bagian bawahnya. Hal yang sama tidak akan didapat dari tangki plastik. Pemasangan tangki plastik biasanya hanya perlu ditaruh, dan pemasangan seperti ini tidak aman karena tangki dapat bergeser. Hasilnya, saluran pipa air akan lebih rentan untuk rusak.

  • Anti retak

Diantara beberapa kelebihan utama tangki air stainless steel yaitu anti retak. Hal ini dapat dimaklumi karena bahan logam lebih tahan terhadap benturan. Keretatan pada tangki plastik umumnya disebabkan oleh benturan dengan benda keras dan sinar matahari yang terlalu panas. Jikapun terkena benturan dan penyok, tangki air masih dapat diperbaiki secara manual. Karena tidak mudah retak, tangki stainless steel berarti tidak mudah rusak.

  • Mencegah lumut

Pada tangki air stainless steel, bagian permukaan biasanya terlapisi dengan anti karat. Selain berfungsi melindungi dari kemungkinan terjadinya karat, lapisan tersebut juga bisa mencegah jamur menempel. Alhasil, tangki air stainless steel lebih aman dari kemungkinan gangguan lumut yang muncul. Masalah lain yang juga sering muncul pada tangki air plastik yaitu jamur. Dengan menggunakan tangki air stainless steel, munculnya jamur dapat dihindari.

  • Memantulkan matahari

Tangki plastik dapat menyerap panas matahari dan menyimpannya dalam air. Pada tangki air stainless steel, hal ini tidak akan terjadi sehingga suhu aur tetap terjaga. Kondisi ini disebabkan oleh lapisan permukaan tangki yang dapat memantulkan sinar matahari. Selain dapat menjaga suhu, beberapa kelebihan tangki air stainless steel yang lain yaitu mudah dalam perawatan. Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar jika harga tangki air stainless steel lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *